nusabali

TK Santo Yusup Kunjungi Rutan Bangli

  • www.nusabali.com-tk-santo-yusup-kunjungi-rutan-bangli

BANGLI, NusaBali - Siswa taman kanak-kanak (TK) Santo Yusup Bangli mengunjungi Rutan Kelas II Bangli, Jumat (18/8). Mereka belajar dan pengenalan tentang tupoksi (tugas pokok dan fungsi) petugas Rutan.

Plt Kepala Rutan Kelas II B Bangli Agus Setiawan  mengatakan, kunjungan anak-anak TK Santo Yusup Bangli ini serangkaian pengenalan dengan tema ‘Pekerjaanku’ oleh pihak sekolah kepada anak-anak. Rutan ini menjadi salah satu pilihan untuk program tersebut. Karena letak Rutan yang strategis dengan sekolah, lingkungan yang asri dengan fasilitas ramah anak. Ada juga juga berbagai kegiatan yang dapat mengedukasi anak-anak. Seperti, kegiatan pembinaan kemandirian oleh Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Rutan Bangli.

Para siswa TK diajak berkeliling di lingkungan Rutan. Mereka juga sempat memberi makan ikan koi dan kelinci, hasil ternak dari kegiatan pembinaan kemandirian dan kegiatan melukis di bengkel kerja Rutan Bangli.

Menurut Agus Setiawan, kegiatan ini disambut baik dan sejalan dengan perubahan wajah pemasyarakatan. Karena kesan Rutan awalnya seram menjadi bagian birokrasi yang humanis dan menjunjung tinggi HAM.

"Kami senang sekali mendapat kunjungan dari anak-anak Santo Yusup. Karena selain memberi edukasi sejak dini juga mensosialisasikan keberadaan lapas dan rutan dimasyarakat," ujarnya. Kata dia, Rutan sudah beberapa kali dikunjungi dalam rangka edukasi serta kajian lapangan dari kalangan mahasiswa. Dia mengharapkan,  ke depan Lapas dan Rutan tak hanya berfungsi sebagai media pembinaan WBP, namun juga edukasi untuk masyarakat.7esa

Komentar