nusabali

Kado Bagi HUT Kemerdekaan RI

Desak Made Rita Kusuma Dewi

  • www.nusabali.com-kado-bagi-hut-kemerdekaan-ri
  • www.nusabali.com-kado-bagi-hut-kemerdekaan-ri

DENPASAR, NusaBali - Desak Made Rita Kusuma Dewi menyumbangkan kado istimewa untuk Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia dengan mengukir prestasi gemilang di IFSC Climbing World Championship Bern, Swiss, Jumat (11/8) dini hari Wita.

Desak Rita memenangi medali emas sekaligus mengamankan tiket ke Olimpiade Paris 2024, setelah mencatatkan waktu finish 6,49 detik, mengalahkan atlet AS, Emma Hunt, dengan catatan waktu 6,67 detik. Dia pun mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat Indonesia atas doa dan dukungannya kepada kami timnas panjat tebing Indonesia. 

“Saya Desak Made Rita Kusuma Dwi mempersembahkan emas di World Championship dan mendapatkan tiket Olimpiade Paris 2024 untuk hari ulang tahun negara Indonesia yang ke-78," kata Desak Rita, dalam rilisnya pada Jumat (11/8).

Desak tidak mengalami kesulitan untuk mengatasi perlawanan para pesaingnya dari babak kualifikasi sampai semifinal. Pada perdelapan final, ia mampu finis dengan catatan waktu 6,70 detik, mengungguli Giulinda Randi asal Italia yang mencatatkan waktu 7,43 detik. Berikutnya pada perempat final, Desak Rota mengukir waktu 6,64 detik, unggul signifikan atas lawannya, Patrycja Chudziak asal Polandia yang hanya mampu mencatat 7,14 detik.

Pada semifinal, Desak kembali mencatatkan waktu di bawah tujuh detik. Ia mencatatkan waktu 6,48 detik, unggul atas Aleksandra Kalucka asal Polandia dengan catatan waktu 7,40 detik.

Desak Rita pun mengatakan berterima kasih atas dukungan masyarakat Indonesia untuk atlet-atlet sport climbing. Dia mempersembahkan raihan tersebut sebagai kado kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus mendatang.

“Terima kasih saya ucapkan kepada seluruh masyarakat Indonesia atas doa dan dukungannya kepada kami, timnas panjat tebing Indonesia. Saya Desak Made Rita Kusuma Dewi mempersembahkan emas di World Championship dan mendapatkan tiket Olimpiade Paris 2024 untuk hari ulang tahun negara Indonesia yang ke-78,” kata Desak Rita.

Keberhasilan Desak mendapatkan tiket Olimpiade Paris membuat Indonesia saat ini sudah mengantongi dua tiket. Pekan lalu, Merah Putih mampu mengamankan kuota Olimpiade pertama melalui penampilan pemanah Arief Dwi Pangestu yang turun di Kejuaraan Dunia Archery di Berlin, Jerman. k22, dek

Biodata: 
Nama : Desak Made Rita Kusuma Dewi
Atlet : Panjat Tebing
Spesialis : Speed
Postur : 169 cm/63kg
Kelahiran : 24 Januari 2001
Asal : Banjar Dinas Banjar Anyar, Desa Sambangan, Kecamatan Sukasada - Buleleng. 
Posisi : anak kedua dari 3 bersaudara

Orang tua: 
- I Dewa Putu Sekar
- Jro Komang Sariartini

Pendidikan: 
- SD Negeri 2 Sambangan
- SMP Negeri 4 Singaraja
- SMK Negeri 3 Singaraja
- Universitas Pendidikan Ganesha

Prestasi:
- Medali Emas kategori speed putri kejurnas kelompok umur di Kalsel
- Medali Emas speed putri ( Walikota Cup Jambi) tahun 2018
- Tim Asian Youth 2018 Chongqing China 
- Medali Perak Comboned putri ( Pra PON Zona 2 Tahun 2019)
- Tim Word Cup 2021 villars di Amerika Serikat 
- Medali Emas PON XX/2021 di Papua

Komentar