nusabali

Berbekal Positif Laga Pramusim

Big Match Chelsea vs Liverpool, Minggu Malam

  • www.nusabali.com-berbekal-positif-laga-pramusim

LONDON, NusaBali - Chelsea siap menjamu Liverpool dalam laga pekan pertama Premier League 2023/2024, di Stamford Bridge, London, Minggu (13/8) malam, pukul 23:30 WITA. 

Tim tamu The Reds diunggulkan menghadapi The Blues yang sedang melakukan restorasi tim. Namun duel kedua tim dalam sejarahnya selalu berlangsung sengit.

Musim lalu Chelsea terpuruk di peringkat 12, sedangkan Liverpool hampir finis di zona Liga Champions sebelum akhirnya harus puas dengan peringkat lima. Namun musim ini, perubahan besar-besaran terjadi di kubu Chelsea.

Mauricio Pochettino diangkat sebagai pelatih baru. Pemain-pemain baru juga didatangkan, seperti Christopher Nkunku, Nicolas Jackson, hingga Axel Disasi. Sedangkan sederet pemain dilepas, yang meliiputi Kalidou Koulibaly, Edouard Mendy, Mateo Kovacic, Kai Havertz, hingga Mason Mount.

Chelsea wajah baru ini sendiri juga menunjukkan tajinya di pramusim. Lima laga mereka mainkan, dan tak sekali pun berakhir dengan kekalahan.

Bicara perubahan skuad, Liverpool juga berpisah dengan sejumlah pemainnya. Termasuk di antaranya adalah James Milner, Roberto Firmino, hingga Jordan Henderson. Untuk menambah kekuatan, Liverpool merekrut Alexis Mac Allister dan Dominik Szoboszlai.

Liverpool memainkan lima laga di pramusim. Hasilnya, pasukan Jurgen Klopp menang tiga kali, seri sekali, dan kalah lawan Bayern Munchen.

Chelsea menang 5-0 atas Wrexham, 4-3 atas Brighton and Hove Albion, dan 2-0 atas Fulham. Sedangkan Liverpool menang 4-2 atas Kalsruher, 4-0 atas Leicester City, dan 3-1 atas Darmstadt 98.

Namun, Chelsea sedikit lebih baik dengan catatan dua hasil imbang 1-1 saat melawan Newcastle City dan Borussia Dortmund. Lalu Liverpool bemain imbang 4-4 dengan Greuther Furth dan kalah 3-4 dari Bayern Munchen.

Dari catatan Soccerway, Chelsea dan Liverpool telah bertemu sebanyak 184 kali dan imbang 45 kali. Namun Liverpool meraih 78 kemenangan, dan 51 di antaranya di Anfield.

Sedangkan saat tandang ke markas Chelsea, Liverpool 27 kali meraih kemenangan dan 22 laga imbang. Kemenangan terakhir Liverpool di kandang Chelsea pada Liga Inggris 2020/2021, saat itu menang 2-0 lewat brace Sadio Mane.

Sebanyak 511 gol telah tercipta dalam sejarah pertemuan Chelsea dan Liverpool. The Reds lebih unggul dalam jumlah gol tersebut. Liverpool mencetak 267 gol ke gawang Chelsea dan tercatat 244 kali kebobolan dari The Blues.

Namun, Liverpool tak terlalu baik ketika bermain di kandang Chelsea. Mereka mencetak 97 gol ke gawang The Blues dan kebobolan hingga 148 kali. Gol terakhir Liverpool di kandang Chelsea pada musim 2021/2022, lewat Mohamed Salah dalam laga yang berakhir 2-2. *

Komentar