nusabali

Nakes RSUD Negara Raih Penghargaan Teladan Tingkat Nasional

  • www.nusabali.com-nakes-rsud-negara-raih-penghargaan-teladan-tingkat-nasional

NEGARA, NusaBali - Nuri Musfiriyah, tenaga kesehatan (nakes) asal Kelurahan Loloan Timur, Kecamatan Jembrana, Jembrana, berhasil lolos dalam seleksi Nakes Teladan Tingkat Nasional Kategori Tenaga Kesehatan Masyarakat Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) tahun 2023.

Nakes yang bertugas sebagai penyuluh kesehatan di RSU Negara, Jembrana, ini dijadwalkan menerima penghargaan nakes teladan pada upacara peringatan HUT ke-78 RI di Istana Negara pada 17 Agustus 2023.

Saat audiensi dengan Bupati Jembrana I Nengah Tamba, Kamis (10/8), Nuri menceritakan tentang tahapan seleksi nakes teladan yang dimulai sejak bulan Maret 2023. Mulai dari tahapan seleksi administrasi dan kewajiban mengirim karya ilmiah singkat atau esay. Setelah lolos di tingkat kabupaten, dirinya harus bersaing dengan sembilan tenaga kesehatan lainnya di tingkat provinsi. 

Dari seleksi itu, sambung Nuri, sembilan nama kemudian dikerucutkan menjadi lima orang dan akhirnya dirinyalah terpilih mewakili Bali mendapat penghargaan nakes teladan kategori Tenaga Kesehatan Masyarakat RSUD. 

Seluruh tahapan seleksi itu memakan waktu hingga lima bulan, termasuk seleksi akhir dengan mempresentasikan esay terkait inovasi yang diangkatnya di hadapan juri dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

"Seleksi di tingkat provinsi itu hanya lima orang saja yang lolos. Itu pun semuanya dari RSU Negara. Setelah itu kita presentasi karya ilmiah secara langsung di Dinas Kesehatan Provinsi. Kemudian dari lima orang itu, hanya dua orang saja terpilih, saya sendiri dan ada satu tenaga apoteker. Hingga di tingkat nasional, saya sendiri terpilih sebagai nakes teladan kategori Kesehatan Masyarakat RSUD,"  ucap Nuri. 

Nuri menuturkan, inovasi yang diangkatnya dalam seleksi itu, adalah kegiatan inovasi unik di RSU Negara tempatnya bertugas.  Yakni, inovasi tentang layanan konseling berhenti merokok yang juga dilakoninya sebagai tenaga konselor. "Inovasi saya itu Duta Kopemesra, semacam duta anti rokok di rumah sakit yang menangani masalah rokok di rumah sakit. Kegiatannya kita itu memberikan edukasi di rumah sakit serta penyuluhan kepada masyarakat," jelasnya.

Dalam memberikan sosialisasi ke masyarakat, Nuri menceritakan telah  menggunakan beberapa saluran media, baik  secara langsung maupun tidak langsung. Dia juga memanfaatkan media publik seperti radio, termasuk menginformasikan adanya layanan konseling berhenti merokok di RSU Negara. "Jadi ini adalah layanan konseling merokok satu-satunya di Kabupaten Jembrana, di RSU Negara. Yang kita buat bukan hanya layanan konseling secara langsung saja. Namun juga bisa melalui online atau WhatsApp (WA)," ucap Nuri. 

Sementara Bupati Tamba mengaku, tentunya sangat mengapresiasi atas raihan prestasi yang diterima oleh salah satu nakes Jembrana ini. Dirinya pun berharap apa yang telah dijadikan inovasi ini bisa diimplementasikan sehari-hari, termasuk memberikan ilmu tersebut sebagai contoh kepada tenaga nakes lainnya. "Ini merupakan kabar baik buat kita semua. Kado prestasi yang sangat luar biasa ini sebagai hadiah kita juga saat HUT Kota Negara dan HUT RI," ujar Bupati Tamba.

Selain itu, Bupati Tamba berpesan kepada nakes yang akan berangkat menuju ke Jakarta agar menjaga nama baik Jembrana. Termasuk diharapkan menjaga relasinya saat bertemu dengan nakes lainnya. "Mohon jalin relasi di Jakarta. Ketika ketemu orang banyak, sharing pengalaman di sana," ucap Bupati Tamba. 7ode

Komentar