nusabali

Mayat Mr X di Gilimanuk Segera Dimakamkan

  • www.nusabali.com-mayat-mr-x-di-gilimanuk-segera-dimakamkan

NEGARA, NusaBali - Mayat Mr X yang ditemukan di Pantai Gilimanuk, Lingkungan Arum, Kelurahan Gilimanuk, Kecamatan Melaya, Jembrana, Sabtu (18/11) sore lalu, masih dititipkan di RSU Negara, Senin (27/11). Selama 10 hari sejak ditemukan, belum ada warga yang mengaku sebagai keluarga ataupun kerabat mayat Mr X tersebut.

Polres Jembrana pun berencana akan memakamkan mayat Mr X itu. Proses pemakaman diserahkan ke Dinas Sosial (Dinsos) Jembrana. "Kami sudah koordinasi ke Dinsos. Mereka yang akan melaksanakan proses pemakaman. Tinggal tunggu waktunya," ujar Kasat Reskrim Polres Jembrana AKP Agus Riwayanto Diputra. 

AKP Agus mengatakan, pemakaman terhadap mayat MR X itu akan segera dilakukan atas pertimbangan kemanusiaan. Mengingat selama 10 hari ini, belum ada yang mengakui. Meski ditempatkan di freezer, pihaknya pun khawatir mayat Mr X yang ditemukan sudah dalam kondisi membusuk dan hancur itu akan semakin rusak. 

"Memang kondisi mayatnya sudah tidak bisa dikenali. Tetapi beberapa ciri-ciri benda yang dipakai, seperti kalung dan pakaian yang dikenakan (celana dan celana dalam) sudah kita sebar ke lintas Polres. Termasuk juga informasi lewat teman-teman media," ucap AKP Agus. 

Menurut AKP Agus, ada warga yang sempat koordinasi ke Polres Buleleng dan Polres Karangasem terkait penemuan mayat Mr X itu. Namun setelah berusaha ditunjukkan mengenai ciri-ciri kalung dan pakaiannya, warga bersangkutan memastikan mayat itu bukanlah keluarga mereka. 

"Kalau dari pemeriksaan dokter, tidak ada tanda-tanda kekerasan. Cuma mayat itu hancur karena diperkirakan terlalu lama di laut. Sebelumnya dari Polair juga koordinasi ke Banyuwangi (Jawa Timur), mengecek apakah ada informasi nelayan hanyut ataupun orang tenggelam, ternyata tidak ada," ucap AKP Agus. 

Seperti diketahui, mayat Mr X yang sudah membusuk itu ditemukan dalam kondisi hancur atau tidak utuh. Di antaranya kedua telapak tangan dan kedua telapak kaki hilang, bagian kepala tampak tulang tengkorak, gigi geligi tidak lengkap, dari perut sebelah kanan tampak organ hati dan usus terurai. Kemudian bagian kedua lengan, paha hingga betis juga sudah menjadi tulang.

Beberapa ciri-ciri yang berhasil dikumpulkan dari mayat itu, adalah berjenis kalamin laki-laki dengan tinggi sekitar 160-170 centimeter dan zakar disunat. Ciri-ciri lainnya, mayat itu memakai celana warna biru yang juga sudah tidak utuh dan celana dalam warna biru dongker dengan karet berwarna merah bertulis Sport. Kemudian pada leher mayat itu memakai sebuah kalung rantai berwarna silver dengan ukuran panjang sekitar 40 cm. 7ode

Komentar