nusabali

BNNK Gianyar Rehabilitasi Dua Pecandu Narkoba

  • www.nusabali.com-bnnk-gianyar-rehabilitasi-dua-pecandu-narkoba

GIANYAR, NusaBali - BNNK Gianyar hingga Agustus 2023 sedang melakukan rehabilitasi terhadap 2 orang pecandu narkoba. Targetnya, 5 pecandu dalam setahun anggaran.

Target belum maksimal karena para pecandu masih memiliki stigma takut melapor untuk mendapatkan rehabilitasi. Kondisi dua pecandu yang direhabilitasi telah membaik.

Menurut Gusti Alit, para pecandu sulit melaporkan dirinya karena ketakutan. Dia mendorong berani melaporkan dirinya atau keluarga terdekat mau melaporkan ke BNNK Gianyar. “Upaya kami salah satunya melalui desa bersinar yakni Desa Serongga dan Desa Bedulu dengan intervensi berbasis masyarakat. Meyakinkan dan memudahkan pecandu agar mau rehabilitasi,” jelas Gusti Alit, Selasa (8/8). 

BNNK Gianyar menjamin keamanan yang melaporkan diri sebagai pecandu. Harapannya pecandu bisa pulih dan kembali ke lingkungan sosial dengan baik. “Jika ditangkap tidak bisa difasilitasi, harus diproses susuai hukum,” ungkapnya. 

Dalam rehabilitasi, BNN mengklasifikasikan pengguna ringan atau sedang rawat jalan. Sementara pengguna parah harus dirawat di RS Bangli. “Rahasia dijamin dan dijaga. Tidak mengganggu aktivitas kerja atau sekolah. Kami berikan asesement konseling mengubah pola pikir caranya menghindari agar bisa keluar dari lingkaran itu,” jelas Gusti Alit. 7 nvi

Komentar