nusabali

Gerak Jalan Indah Siswa Melintasi Sawah

  • www.nusabali.com-gerak-jalan-indah-siswa-melintasi-sawah
  • www.nusabali.com-gerak-jalan-indah-siswa-melintasi-sawah

AMLAPURA, NusaBali - Lomba Gerak Jalan Indah tingkat SMP dan SMA se-Kecamatan Selat, Karangasem, menarik perhatian Masyarakat.

Karena peserta lomba melintasi jalur lahan persawahan dengan start di Banjar Wates Kangin, Desa Duda Timur, Kecamatan Selat. Finish di depan SMAN Selat, Banjar Bambang Biaung, Desa Duda, Kecamatan Selat, Senin (7/8) pukul 14.00 Wita.

Camat Selat I Nengah Danu melepas peserta lomba gerak jalan. Peserta tingkat SMP yang ambil bagian masing-masing 12 regu putra dan 12 regu putri. Peserta SMA 10 regu putra dan 10 regu putri.

Lomba Gerak Jalan Indah dengan menempuh 4 kilometer. Jaraknya tempuh ini terpangkas dari sebelumnya finish di Lapangan Umum Desa/Kecamatan Selat. Karena jalur dari Banjar Bambang Biaung menuju Banjar Babakan, Desa Peringsari, Kecamatan Selat, krodit. Banyak truk material galian C dan jalan telah rusak sehingga pihak panitia memutuskan untuk memangkas jarak tempuh.

Camat Selat I Nengah Danu melepas peserta pertama dari nomor regu putra tingkat SMP, peserta pertama SMPN 2 Selat, menyusul SMPN 3 Selat kemudian SMPN 1 Selat dan seterusnya. Disusul, peserta regu putri, yakni SMPN 1 Selat, SMPN 2 Selat, SMPN 3 Selat kemudian menyusul peserta berikutnya. Sedangkan tingkat SMA yang ambil bagian, dari SMAN Selat dan SLUA (Sekolah Lanjutan Umum Atas) Saraswati Selat.


Ketua Panitia Lomba Gerak Jalan Indah Ni Ketut Jati mengatakan, kriteria lomba gerak jalan indah yakni peserta mesti kompak, disiplin, semangat, keutuhan peserta dan seragamnya indah. Setiap peserta wajib menggelar atraksi  saat start selama dua menit, selanjutnya sepanjang jalur bisa menunjukkan variasi Gerakan. ‘’Hanya saja, sepanjang di perjalanan peserta melawan matahari karena bergerak ke arah barat di sore hari,” jelasnya.

Jati memaparkan, lomba ini melibatkan lima anggota dewan juri, dari unsur TNI dua orang, Polsek Selat dua  orang dan unsur Kecamatan Selat seorang. Keputusan dewan juri tidak bisa diganggu gugat karena penilaiannya independen. Para pemenang akan menerima hadiah saat puncak HUT ke-78 Kemerdekaan RI. Kata dia, lomba mulai sore hari karena pagi harinya ada hari Pasar Pesangkan sehingga tak ada krodit di jalur lomba.

Camat Selat I Nengah Danu mengapresiasi kepada seluruh peserta yang antusias ambil bagian. “Ini gerak jalan indah pertama di Kecamatan Selat, tahun lalu juga ada regu gerak jalan indah hanya sebatas memeriahkan. Kali ini langsung lomba,” jelas I Nengah Danu.

Hadir Kapolsek Salat AKP I Ketut Sukadana, Danramil Selat Kapten CPl I Gusti Made Darsana, Perbekel Peringsari I Wayan Bawa, Perbekel Selat I Gusti Ngurah Oka, Perbekel Amerta Bhuana I Wayan Seriasa, beserta perangkat desa lainnya.7k16

Komentar