nusabali

Riset Suara UKM Negeri Ungkap Perilaku Belanja Para e-Shopaholics

  • www.nusabali.com-riset-suara-ukm-negeri-ungkap-perilaku-belanja-para-e-shopaholics

DENPASAR, NusaBali.com –Kelompok pembelanja online yang aktif atau e-shopaholics memiliki karakteristik khusus yang mesti diketahui oleh para pelaku e-commerce. Media sosial dan influencer disebut-sebut memiliki pengaruh besar.

Riset ini merupakan penelitian yang dilakukan oleh Ninja Xpress bekerjasama dengan Geopost. 

Dalam rilis Suara UKM Negeri Vol 3 yang dipaparkan di Denpasar pada Jumat (4/8/2023), diungkap tentang masa depan e-shoppers atau pembeli online.

Studi ini dilakukan pada lebih dari 1.500 pembeli online dan juga wawancara mendalam kepada lebih dari 65 pembeli online untuk memberikan penjelasan tentang kelompok pembelanja online yang aktif alias e-shopaholics.

Pada tahun 2022, 74% orang di Asia Tenggara adalah pengguna internet. Di mana 86% diantaranya adalah e-shoppers. Sementara, untuk penggila belanja online atau e-shopaholics mencapai 14% dari populasi pembelanja online di Indonesia, dan mereka bertanggung jawab atas 43% dari total pembelian e-commerce. 

Berdasarkan hasil riset, sebagian besar e-shopaholics adalah pengguna awal belanja online. Dengan demikian, e-shopaholics ahli dalam menavigasi ekosistem e-commerce dan sangat mahir dalam menavigasi berbagai platform pembelian untuk membeli apa yang mereka inginkan.

"Berpengalaman dalam seluk-beluk belanja online, para e-shopaholics memiliki standar yang jauh lebih tinggi daripada pembeli online pada umumnya. Mulai dari penelusuran awal hingga menerima paket setelah mengklik produk di e-commerce,” ungkap Andi Djoewarsa, Chief Marketing Officer Ninja Xpress.

Andi Djoewarsa menambahkan jika setiap tahap sangat penting untuk memastikan kesetiaan e-shopaholics. “Melalui Suara UKM Negeri Vol. 3 ini, Ninja Xpress berharap dapat memberikan penjelasan mengenai e-shopaholics untuk mempersiapkan UKM Indonesia saat kita memasuki perjalanan e-commerce berikutnya," ujar petinggi di perusahaan logistik berbasis teknologi di Indonesia ini.


Riset Suara UKM Negeri Vol. 3 mengeksplorasi perilaku belanja para e-shopaholics, dengan empat ciri-ciri besar yaitu:

  • 1. Impressionable : Keputusan pembelian para e-shopaholics sangat dipengaruhi oleh media sosial dan influencer. Oleh karena itu penting untuk memiliki strategi media sosial.

  • 2. Invested : e-shopaholics menghabiskan banyak waktu untuk riset produk dan membaca ulasan di berbagai platform, jadi pastikan UKM memiliki rating bintang 5 di toko kamu.

  • 3. Savvy : e-shopaholics sering berbelanja online, di berbagai kategori produk dan sangat mahir dalam menggunakan berbagai jenis platform. Berdasarkan suara UKM Negeri vol. 2, Satu dari tiga shipper sudah mulai menggunakan layanan live selling.

  • 4. Loyal : e-shopaholics memiliki standar yang jauh lebih tinggi daripada pembelanja online pada umumnya. Mulai dari awal hingga menerima paket setelah klik dan tap, setiap tahap sangat penting untuk memastikan kesetiaan seorang e-shopaholics. Oleh karena itu, pastikan UKM terus mengembangkan produk yang dijual.

“Melalui Suara UKM Negeri Vol. 3, Ninja Xpress menegaskan kembali komitmen kami untuk memahami lanskap yang terus berubah dalam rangka memberikan solusi pengiriman tanpa kerumitan kepada para penjual e-commerce yang dapat meningkatkan bisnis UKM,” kata Andi Djoewarsa.

Pertama, kata Andi Djoewarsa, adalah creative business solutions berupa layanan photo video product, endorsement, hingga live selling di berbagai platform. “Hal ini menjawab kebutuhan akan Impressionable, Invested, dan Savvy pada e-shopaholics. Layanan Creative business solutions dilakukan tanpa berbayar untuk UKM yang mengirimkan barang melalui Ninja Xpress,” ujarnya.

Selanjutnya ada Sellercraft  atau alat manajemen pesanan online. “Seller Wizard dari Sellercraft memastikan bahwa bisnis UKM tidak akan pernah kehilangan pesanan atau pelanggan dengan satu akun untuk berbagai platform,” tuntas Andi Djoewarsa.

Komentar