nusabali

Atasi Thailand 3-2, Indonesia Juara SEA V League Seri Kedua

  • www.nusabali.com-atasi-thailand-3-2-indonesia-juara-sea-v-league-seri-kedua

MANILA, NusaBali - Tim nasional voli putra Indonesia menjadi juara South East Asia (SEA) V League 2023 Seri Kedua, setelah mengalahkan Thailand 3-2 (25-27, 20-25, 25-21, 25-21, 15-9) di Santa Rosa Sports Complex, Laguna, Filipina, Minggu (30/7).

Sempat tertinggal dua set, tim asuhan pelatih Jiang Jie itu mampu bangkit dengan mengambil alih tiga set akhir. Kemenangan tersebut membuat Indonesia mengoleksi delapan poin dan tidak terkejar dari tiga tim peserta lainnya yaitu Thailand, Filipina, dan Vietnam.

Timnas Indonesia yang sebagian besar diwakili tim juara Proliga 2023 Jakarta LavAni memainkan set pertama dengan cukup bagus. Aksi saling kejar poin terjadi hingga Thailand mampu membalikkan keadaan pada poin-poin terakhir. 

Memasuki set kedua, kedua tim masih saling kejar poin hingga imbang 5-5. Permainan Indonesia pada set kedua yang kurang rapi membuat Thailand mampu unggul jauh 13-7 hingga 17-21. Indonesia yang telat panas harus mengakui keunggulan Thailand di set kedua.

Memasuki set ketiga, Indonesia mengawali permainan dengan buruk sampai tertinggal 0-3 dan terus tertinggal namun perlahan mampu bangkit hingga menyamakan kedudukan menjadi 15-15. Momentum tersebut jadi lecutan semangat untuk merebut set ketiga dan memperkecil kedudukan 1-2.

Kegemilangan di set ketiga berlanjut di set keempat dengan permainan yang terlihat lebih rapi dan minim kesalahan. Spike-spike keras gagal dibendung Thailand dan Indonesia menyamakan kedudukan 2-2.

Pada set terakhir, Indonesia kian mendominasi permainan dan semakin tenang. Hal itu membuahkan hasil baik dengan memenangkan set penentuan sekaligus memastikan Indonesia menjuarai SEA V League seri kedua.

Prestasi itu mengulang hasil Indonesia yang juga jadi juara pada seri pertama SEA V League di GOR Candradimuka Padepokan Voli Jenderal Polisi Kunarto, Sentul, Bogor, 21-23 Juli. ant

Komentar