nusabali

Indonesia Hadapi Brunei di Kualifikasi Piala Dunia 2026

  • www.nusabali.com-indonesia-hadapi-brunei-di-kualifikasi-piala-dunia-2026

JAKARTA, NusaBali - Tim nasional Indonesia akan menghadapi Brunei Darussalam dalam babak pertama kualifikasi Piala Dunia 2026, yang menggunakan format kandang-tandang pada 12 dan 17 Oktober.

Laman resmi PSSI menyebutkan, kepastian itu didapat setelah undian di kantor Konfederasi Sepak bola Asia (AFC), Kuala Lumpur, Kamis (27/7).

Skuat Indonesia akan bertindak sebagai tuan rumah lebih dulu pada 12 Oktober. Setelah itu, Timnas akan melawat ke markas Brunei pada 17 Oktober. Tim Garuda harus menjalani babak pertama kualifikasi Piala Dunia 2026, karena menduduki posisi ke-28 FIFA level Asia. Sesuai regulasi, tim-tim peringkat ke-27 dan 46 level Asia harus menjalani fase tersebut.

Pada undian di kantor AFC, Indonesia di pot 1 bersama Hong Kong, Taiwan, Maladewa, Yaman, Afghanistan, Singapura, Myanmar, dan Kamboja. Pada fase berikutnya, sepuluh pemenang babak pertama akan melaju ke babak kedua untuk bergabung dengan 26 tim yang lolos otomatis. 

Total 36 tim akan dibagi dalam sembilan grup, yang masing-masing terdiri dari empat tim. Selanjutnya 18 tim yang terdiri dari para juara grup dan tim peringkat kedua akan lolos ke putaran ketiga. Pada fase ini, tim-tim yang lolos akan dibagi dalam tiga grup berisi enam tim untuk memainkan pertandingan kandang-tandang menggunakan format round robin.

Pada babak keempat, enam tim yang lolos ke babak tersebut akan dibagi ke dalam dua grup yang masing-masing dihuni oleh tiga tim. Para juara grup akan otomatis lolos ke putaran final Piala Dunia 2026.

Sedangkan untuk para tim peringkat kedua, mereka akan melakoni babak kelima kualifikasi melawan negara-negara dari konfederasi lain dalam playoff. ant

Komentar