nusabali

Bali Butuh Dukungan Empat Daerah Rival

KONI Berharap Tetap Lima Besar PON 2024

  • www.nusabali.com-bali-butuh-dukungan-empat-daerah-rival

DENPASAR, NusaBali - KONI Bali berharap mendapatkan dukungan dari empat daerah rival dalam PON XXI/2024 di Aceh dan Sumatera Utara. Dukungan yang dimaksud, yakni sebaran medali emas diharapkan terpusat untuk kontingen DKI Jakarta, Jawa Timur, Jawa Barat, dan Kalimantan Timur.

"Harapan kami memang demikian, nanti medali emas dominan direbut empat provinsi tadi. Kalau itu terjadi kita, ada harapan Bali kembali masuk papan atas nasional," kata Ketum KONI Bali, I Gusti Ngurah Oka Darmawan, Kamis (27/7). 

Menurut Oka Darmawan, saat di PON XX/2021 di Papua, Bali berhasil bertengger pada posisi lima besar menggungguli Jawa Tengah. Terlepas dari semua itu, Kontingen Pulau Dewata waktu itu unggul selisih tipis satu medali emas dari Jawa Tengah. Sedangkan raihan medali perak dan perunggu Bali masih terpaut jauh dengan Jawa Tengah. Jadi Jawa Tengah juga diyakini akan kembali berebut lima besar di PON 2024. 

Oka Darmawan, yang juga mantan Sekretaris KONI Bali mengatakan pesaing berikutnya Bali akan datang dari atlet tuan rumah Aceh dan Sumatera Utara. Tim tuan rumah biasanya prestasinya langsung melonjak ketika tampil di depan publiknya sendiri. Sehingga tantangan Bali jelas semakin berat untuk mengamankan posisi lima besar klasemen akhir. Oka Darmawan yang juga mantan Waketum KONI Bali berharap satukan langkah menuju PON XXI/2024.

Pensiunan birokrat Pemkab Badung itu tantangan akan semakin berat dengan sumber daya manusia yang terbatas. Terlebih harus mempertahankan prestasi di PON sebelumnya akan jauh lebih sulit. "Minimal kita harus mendapatkan 50 medali emas untuk pertahankan posisi 5 besar di PON XXI/2024 di Aceh dan Sumut," tandas Oka Darmawan. 

Oka Darmawan menambahkan kalkulasi itu karena jumlah medali yang diperebutkan semakin banyak di pesta olahraga multi event empat tahunan antar Provinsi. Waktu di PON XX/2021 di Papua memperebutkan 681 medali, dan di PON 2024 memperebutkan 1084 medali. Pertandingan di PON nanti juga terpecah, 34 cabor dilangsungkan di Aceh, sisanya 31 cabor dipertandingkan di Sumut. 

"Dulu waktu di Papua kan hanya mempertandingkan 37 cabor, sedangkan sekarang mempertandingkan 65 cabor dari 67 disiplin sport. Jumlah medali emas yang diperebutkan juga meningkat cukup banyak," Oka Darmawan. 

Kata dia, sebagai data pertandingan PON sebelumnya Kontingen Bali ikut 29 cabor dan berhasil mendapatkan 28 medali emas dengan finish peringkat 5 nasional. Untuk itu beban medali tidak hanya dibebankan kepada Pengprov Cabor, tetapi juga dibebankan kepada atlet itu sendiri.dek

Komentar