nusabali

Dinas Perpustakaan Tabanan Mohon Tambahan 3 Unit Mobil

  • www.nusabali.com-dinas-perpustakaan-tabanan-mohon-tambahan-3-unit-mobil

TABANAN, NusaBali - Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Tabanan sata ini hanya memiliki satu unit mobil perpustakaan keliling. Padahal minat baca khususnya siswa sekolah dasar sangat tinggi. Untuk itu, Dinas Perpustakaan dan Arsip Tabanan sudah mengajukan permohonan bantuan tiga unit mobil ke Perpustakaan Nasional (Perpusnas).

Pengajuan telah dilakukan tiga bulan lalu dengan harapan bisa diakomodir. Nantinya ketika 3 unit mobil bantuan ini datang, skema pelayanan akan ditetapkan sesuai dapil (daerah pemilihan di Tabanan yakni empat dapil). Dapil I (Tabanan-Kerambitan). Dapil II (Selemadeg, Selemadeg Barat, dan Selemadeg Timur). Dapil III (Penebel-Baturiti). Dapil IV (Kediri-Marga).

Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Tabanan I Wayan Sugatra mengatakan pengajuan dilakukan untuk memaksimalkan pelayanan Dinas Perpustakaan ke masyarakat.

Sebab selama ini dari satu unit mobil perpustakaan keliling yang dipunya belum bisa menjangkau secara keseluruhan. “Antusias pembaca terutama anak-anak ketika kita datang ke desa tinggi sekali, namun aksesnya yang jauh,” kata Sugatra, Selasa (25/7).

Untuk itu besar harapannya usulan ke Perpusnas tersebut bisa diakomodir sehingga layanan untuk memberikan bahan literasi bisa merata. “Apabila bantuan ini bisa terealisasi tentu kita senang. Nantinya skema pelayanan sesuai dengan dapil yang ada di Tabanan,” ucapnya.

Sugatra menambahkan meskipun saat ini Dinas Perpustakaan memiliki satu kendaraan perpustakaan keliling, tidak menyurutkan semangatnya untuk memberikan yang terbaik. Setiap ada kegiatan yang melibatkan masyarakat, mobil perpustakaan keliling selalu hadir.

Ditambah juga ketika Bupati Tabanan Komang Gede Sanjaya melaksanakan program kerja ‘Ngantor di Desa’, mobil perpustakaan ikut serta. “Jadi komitmen bapak bupati (Komang Sanjaya) juga sangat konsen terhadap budaya literasi ini, sehingga setiap ada kegiatan kita turut serta terlibat,” ujar Sugatra.

Disebutkan mobil perpustakaan keliling yang ada sekarang ini kondisinya masih bagus terawat. Mobil keluaran tahun 2007 jenis Hilux tersebut juga masih kondisi prima. “Tidak pernah mati mesin meskipun kadang rusak namun dilakukan perbaikan berkala. Makanya besar harapan kami permohonan kami direalisasi,” harapnya. 7 des

Komentar