nusabali

Bunda Literasi Serahkan 200 Buku Bacaan

  • www.nusabali.com-bunda-literasi-serahkan-200-buku-bacaan

GIANYAR, NusaBali - Gempuran digitalisasi tak menyurutkan upaya Pemkab Gianyar meningkatkan minat baca masyarakat.

Salah satunya dengan mengukuhkan Ida Ayu Surya Adnyani sebagai Bunda Literasi. Usai pengukuhan, Dayu Surya langsung menyerahkan 200 judul buku bacaan untuk menambah koleksi Perpustakaan Nawaksara Gianyar. Pengukuhan juga dirangkaikan dengan Talkshow Peningkatan Inklusi bersama dengan Perpustakaan Nasional RI di Balai Budaya Gianyar, Jumat (23/6). 

Bunda Literasi Gianyar, Dayu Surya, yang juga Ketua Tim Penggerak PKK Gianyar akan berjuang meningkatkan minat baca masyarakat Gianyar bersama 7 Bunda Literasi tingkat kecamatan yang dinobatkan pada para istri camat. Hadir, Kepala Perpustakaan Nasional RI Drs Muhammad Syarif Bando, Deputi Bidang Sumber Daya Perpustakaan Dr Adin Bondar, Sekda Gianyar I Dewa Gede Alit Mudiarta, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Gianyar, dan pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Gianyar.

Bupati Gianyar, Made Mahayastra mengatakan, literasi penting ditingkatkan dalam mendukung dan menyukseskan visi Presiden mewujudkan sumber daya manusia yang unggul dan tangguh. Literasi menjadi faktor yang sangat mempengaruhi pertumbuhan pembangunan masyarakat, berpengetahuan, inovatif, kreatif, dan berkarakter. Peran perpustakaan sangat diharapkan sebagai agen pengembangan modernisasi masyarakat. Hanya bisa diciptakan dalam masyarakat yang memiliki budaya baca tinggi. 

“Sebagai masyarakat Gianyar, saya sangat bersyukur sekarang sudah punya Perpustakaan yang representatif. Terimakasih Bapak Presiden Ir Joko Widodo, Bapak Kepala Perpustakaan Nasional RI, Bapak Deputi. Dan saya pastikan, akan bermanfaat bagi anak didik kita, bagi kaum milenial, bagi sastrawan, dan tempat nongkrong yang asyik,” kata Bupati Mahayastra.

Kepala Perpusnas, Syarif Bando mengapresisasi kinerja yang sudah dilakukan Bupati Mahayastra beserta jajaran dalam menyukseskan pembangunan Perpustakaan Daerah dan pembangunan infrastruktur lainnya. “Masyarakat Gianyar patut berbangga punya pemimpin yang tidak pernah tidur untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Mungkin tidak ada bupati yang dapat meningkatkan dua kali lipat PAD,” kata Syarif Bando. Dia mendorong agar pembangunan ini tidak berhenti, melainkan akan terus berlanjut guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat Gianyar.

Syarif Bando juga berpesan kepada generasi muda agar menggunakan waktu sebaik-baiknya dengan pengetahuan demi kemajuan diri, daerah, dan bangsa ketimbang bermain media sosial. “Kurangi bermedia sosial, bekali otak Anda dengan pengetahuan,” pesannya. 7 nvi

Komentar