nusabali

Tim VCT Cek Kesehatan Pekerja Hiburan Malam

  • www.nusabali.com-tim-vct-cek-kesehatan-pekerja-hiburan-malam

Skrining kesehatan dengan pengambilan sampel darah, hasilnya dirujuk ke Puskesmas terdekat.

GIANYAR, NusaBali
Tim VCT Dinas Kesehatan Kabupaten Gianyar blusukan ke tempat hiburan malam di kawasan Bypass IB Mantra, Kecamatan Blahbatuh, Gianyar. Kedatangan tim membuat sejumlah waitress kabur dan bersembunyi. Dengan pendekatan, mereka akhirnya bersedia melakukan pemeriksaan kesehatan.

Kadis Kesehatan Gianyar, Ni Nyoman Ariyuni mengatakan, kedatangan Tim VCT untuk meningkatkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat, khususnya dalam upaya pencegahan penyakit menular di Kabupaten Gianyar. Sejumlah warung remang yang banyak terpusat di pinggir Baypass Ida Bagus Mantra didatangi hingga dini hari.

Pelayanan kesehatan yang diberikan berupa edukasi kepada pekerja tempat hiburan malam tentang pola hidup bersih dan sehat. Khususnya upaya mencegah dan pengendalian penyakit menular. Skrining kesehatan dengan pengambilan sampel darah.

Kunjungan ke tempat hiburan ini dilaksanakan secara mobile dan berkala berkoordinasi dengan pengelola tempat hiburan. “Hasil skrining kesehatan akan dirujuk ke UPTD Puskesmas terdekat sehingga secara dini mereka mendapatkan pengobatan yang akurat jika hasil skrining menunjukan sakit tertentu,” jelas Ariyuni, Senin (24/7).

Kegiatan ini diharapkan mendapat dukungan dari masyarakat, termasuk lintas sektor.

Pemilik maupun pengelola tempat hiburan diharapkan mendukung upaya pelayanan kesehatan ini dengan melakukan pemeriksaan kesehatan pada karyawannya secara rutin. “Lebih cepat skrining lebih cepat pula tindakan yang bisa dilakukan,” jelasnya.

Ariyuni menyebutkan jumlah warung remang di Gianyar cukup banyak, tersebar di sejumlah kecamatan. Pekerja kebanyakan warga dari luar Bali. Menurutnya, pekerja hiburan malam rentan terkena penyakit menular. 7 nvi

Komentar