nusabali

Turnamen Piala Pelajar e-Sport Klungkung 2023

Siswa SD, SMP dan SMA Sederajat Bersaing dalam Kompetisi e-Sport

  • www.nusabali.com-turnamen-piala-pelajar-e-sport-klungkung-2023
  • www.nusabali.com-turnamen-piala-pelajar-e-sport-klungkung-2023

SEMARAPURA, NusaBali.com - Balai Budaya Ida Dewa Agung Istri Kanya Kabupaten Klungkung berubah menjadi arena bergengsi bagi para siswa yang mencintai e-Sport pada Turnamen Piala Pelajar e-Sport Klungkung 2023 akhir pekan lalu.

Kompetisi selama dua hari, Sabtu (22/7/2023) dan Minggu (23/7/2023), disambut dengan penuh semangat dan antusiasme para peserta.

Turnamen ini pun menjadi hadiah istimewa bagi para siswa di Klungkung yang sebelumnya merasa kecewa karena cabang olahraga (cabor) e-Sport tidak dimasukkan dalam Porsenijar (Pekan Olahraga Seni Pelajar) Kabupaten Klungkung pada 10-17 Maret 2023. 

Tak ingin kekecewaan berkepanjangan dan terus mengakomodasi potensi atlet e-Sport di Klungkung, turnamen ini pun langsung digeber oleh e-Sport Indonesia (ESI) Klungkung dengan dukungan utama dari Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) serta sejumlah sponsor lainnya. 

“Turnamen ini sekaligus kelanjutan dari tahun sebelumnya. Piala Pelajar e-Sport Klungkung 2023 bertujuan untuk memupuk bakat dan minat para siswa dalam dunia e-Sport,” kata Maha Dwija Santya, Ketua Umum ESI Klungkung.

Maha Dwija Santya mengakui, permintaan dan dukungan dari para siswa sejak awal tahun 2023 telah mendorong kembali diselenggarakannya Piala Pelajar e-Sport Klungkung. 


Banyak siswa yang telah mempersiapkan diri sejak kekalahan mereka di tahun sebelumnya, berharap dapat berkompetisi lagi dalam turnamen yang berprestise ini. 

Acara ini juga menjadi titik awal bagi beberapa siswa SMP yang semakin mantap untuk memilih SMA yang mendukung hobi mereka dalam e-Sport setelah mengikuti Piala Pelajar.

Turnamen Piala Pelajar e-Sport Klungkung 2023 telah memberikan semangat dan kesempatan bagi para siswa untuk mengejar impian dan minat mereka dalam dunia e-Sport. Kompetisi yang berlangsung secara sehat ini juga menjadi wadah untuk mempererat persahabatan di antara para siswa, di mana mereka dapat belajar menghargai kerja keras dan semangat juang teman-teman mereka.

Para pemenang dalam turnamen ini patut berbangga dengan prestasi mereka. Setiap tim telah menampilkan bakat dan keahlian luar biasa dalam game yang dipertandingkan. 

Untuk diketahui, pada Piala Pelajar 2022, Klungkung mencatatkan prestasi gemilang dengan keberhasilan Tim e-Sport SMAN 1 Semarapura berhasil meraih gelar juara di tingkat Liga e-Sport Nasional Pelajar 2022 dalam kategori Free Fire. 

Tim tersebut diwakili oleh Kadek Andhika Kusuma Putra, I Gusti Ngurah Bagus Ariadi Candra, I Wayan Aditya Widhiatmika, I Gede Eka Sutresna Putra, dan Putu Gede Putra Arya Wibawa. Prestasi ini menjadi inspirasi bagi para siswa lainnya, dan semangat untuk berkompetisi lebih tinggi lagi.

Tahun ini, antusiasme siswa untuk berpartisipasi dalam Piala Pelajar e-Sport semakin tinggi. Turnamen ini berhasil menarik 18 tim kategori Free Fire tingkat SD, 31 tim kategori Free Fire tingkat SMP, dan 14 tim kategori Free Fire tingkat SMA. 


Selain itu, ada pula kompetisi Mobile Legends yang diikuti oleh 13 tim dari SD, 14 tim dari SMP, dan 18 tim dari SMA.

Tidak hanya itu, turnamen ini juga mempertandingkan Game Battle of Guardians, sebuah game sistem player versus player (PVP) asli Indonesia yang dikembangkan berbasis di Bali. 

Keberadaan Battle of Guardians menambah keberagaman game yang dipertandingkan dalam acara ini. Selain itu, kesuksesan Turnamen Piala Pelajar e-Sport Klungkung 2023 tidak hanya berhenti pada kompetisi serius dalam game, tetapi juga menawarkan hiburan yang mengundang tawa dengan game Stumble Guys yang digelar di Balai Budaya. 

Seluruh peserta dan penonton bersemangat menyaksikan pertandingan sengit di layar, sambil menikmati momen kebersamaan dalam dunia e-Sport.

“Tahun 2023 telah sukses menjadi tempat bagi para siswa untuk mengejar impian mereka dalam dunia e-Sport. Semoga prestasi dan semangat kompetisi yang ditunjukkan oleh para peserta dapat menginspirasi kemajuan e-Sport di Klungkung ke depannya,” kata Maha Dwija Santya.

Ia pun berharap, melalui event e-Sport dapat mempererat tali persaudaraan dan persahabatan di antara mereka. “Selamat kepada seluruh tim pemenang dan peserta, dan semoga acara serupa dapat diadakan lagi di masa mendatang,” tutup Maha Dwija Santya.

Daftar Juara Piala Pelajar e-Sport Klungkung 2023

MOBILE LEGENDS

SD Sederajat :
1. Tim MIN Klungkung Meroket - Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Klungkung
2. Tim Galaktron – SDN 1 Semarapura Tengah
3. Tim Bocil Kehidupan - SDN 1 Semarapura Kangin

SMP Sederajat :
1. Tim Spensapura 1 - SMPN 1 Semarapura
2. Tim Bes Pongah - SMPN 5 Banjarangkan
3. Tim Vagos Esport - SMPN 1 Banjarangkan

SMA Sederajat :
1. Tim Astungkara Ekasma - SMAN 1 Semarapura
2. Tim Ekasma Bataco - SMAN 1 Semarapura
3. Tim Grim Reaper’s - SMAN 2 Semarapura


FREE FIRE

SD Sederajat :
1. Tim Dwipa Jaya - SDN 2 Paksebali
2. Tim Foul Counter - SDN 1 Semarapura Tengah
3. Tim Marcaboy - SDN Nyanglan

SMP Sederajat :
1. Tim Vilance - SMPN 1 Banjarangkan
2. Tim Bisquat - SMPN 1 Semarapura
3. Tim Botak Berkelas - MTS Hasanudin Semarapura

SMA Sederajat :
1. Tim Ekasma Jaya - SMAN 1 Semarapura
2. Tim Just Smapsa - SMA Pariwisata Saraswati Klungkung
3. Tim Captive Oneska - SMKN 1 Klungkung

Komentar