nusabali

Ratusan Layang-layang Hiasi Langit Padanggalak

  • www.nusabali.com-ratusan-layang-layang-hiasi-langit-padanggalak

DENPASAR, NusaBali - Langit kawasan Pantai Padanggalak, Kelurahan Kesiman, Denpasar Timur, Kota Denpasar dihiasi ratusan layang-layang, Minggu (23/7).

Ratusan layang-layang mengudara untuk mengikuti Festival Layangan Bali 2023 bertema 'Bayu Segara Kerthi’ yang berarti memuliakan laut dan angin. Festival yang diikuti 1.042 peserta ini digelar Komunitas Seni Layangan Bali.

Festival yang digelar pada 22-23 Juli 2024 ini dibuka Wakil Walikota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa. Wawali Arya Wibawa terlihat ikut berbaur menarik tali layangan dengan peserta lomba yang kompak menggunakan busana adat Bali serta diringi oleh alunan gambelan, hingga tembang Bali berupa cecondongan yang berkaitan dengan Dewa Bayu di tengah terik matahari.

Wawali Arya Wibawa menyambut baik dan mengapresiasi pelaksanaan perlombaan layang-layang yang dilaksnakan Komunitas Seni Layangan Bali. Di samping memberikan ruang kreativitas bagi para Rare Angon atau penghobi layang-layang, kegiatan ini juga dapat meningkatkan rasa toleransi dan kekompakan dalam menaikan layang-layang.


"Seperti pada lomba ini para peserta remaja dan dewasa memiliki teknik permainan layang-layang yang sangat baik, terlihat dalam menaikan layangan secara bersamaan tidak terjadi saling senggol antara layangan satu dengan lainnya,'' ujar Arya Wibawa sembari mengucapkan selamat berlomba bagi para peserta layang-layang. Sementara Ketua Panitia, Putu Chris Budhi Setiyawan ditemui disela-sela acara mengatakan Festival Layangan Bali kali ini merupakan yang kedua kalinya. “Festival Layangan Bali Tahun 2023 ini mengambil tema Bayu Segara Kerthi yang berarti memuliakan laut dan angin. Dilombakan berbagai jenis layangan seperti Pecukan, Bebean, Janggan, Janggan Buntut dan Kreasi," jelasnya.

Di hari pertama, lomba diikuti 318 peserta. Sementara di hari kedua kemarin diikuti oleh 724 peserta. Ditambah 93 peserta lomba Pindekan. Dalam pelaksanaan Festival Layangan Bali  tahun 2023 ini para peserta diwajibkan mengenakan pakaian adat Bali. 7 mis

Komentar