nusabali

Ratusan Pelanggar Kena Tilang Elektronik

  • www.nusabali.com-ratusan-pelanggar-kena-tilang-elektronik

DENPASAR, NusaBali - Memasuki hari keempat Operasi Patuh Agung 2023 Polresta Denpasar menilang ratusan pelanggar menggunakan tilang Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) atau tilang eletronik.

Selain menilang ratusan pelanggar aparat Satuan Lalu Lintas yang turun ke lapangan terus mengedukasi masyarakat agar taat aturan lalu lintas.

Kasi Humas AKP I Ketut Sukadi dikonfirmasi, Kamis (13/7) mengungkapkan jenis pelanggaran yang dominan dan diberikan penindakan adalah pengendara tidak pakai helm, melanggar marka dan rambu lalu lintas, pengendara di bawah umur, serta kendaraan yang melebihi batas dimensi dan kapasitas muatan.

Dikatakannya selain tilang elektronik statis juga telah elektronik manual. Ada juga pengendaran teguran lisan. Tujuan dari operasi ini dalam rangka mengurangi pelanggaran lalu lintas serta fatalitas kecelakaan, dengan tujuan utama yaitu meningkatkan kepatuhan masyarakat dalam berlalu lintas.

Dari data yang masuk di Posko Operasi hingga hari ke-4 pelaksanaan Operasi, Polresta Denpasar telah memberikan tindakan penilangan melalui ETLE statis sebanyak 719 dan tilang manual sebanyak 264.

"Pelanggaran masih didominasi pengendara sepeda motor dengan jenis pelanggaran terbanyak tidak menggunakan helm dan melanggar marka serta rambu lalu lintas," jelas AKP Sukadi.

Petugas operasi juga gencar menyampaikan imbauan agar masyarakat berlaku tertib di jalan raya sehingga bisa memberikan keamanan dan keselamatan, baik bagi diri sendiri maupun para pengguna jalan lainnya.

Polresta Denpasar meminta masyarakat untuk selalu mematuhi aturan berlalu lintas, jangan kebut-kebutan di jalan.

"Biasanya kecelakaan lalu lintas diawali dari pelanggaran. Oleh karena itu, budayakan untuk tertib dalam berlalu lintas di jalan raya," ajak perwira balok tiga di pundak ini.

Personel Operasi Patuh Agung 2023 juga terus melakukan sosialisasi dan edukasi tertib berlalu lintas baik secara tatap muka dengan mendatangi sekolah atau komunitas masyarakat, melalui pembagian leaflet dan pemasangan stiker keselamatan serta melalui sarana media sosial dan media massa. 7 pol

Komentar