nusabali

PSSI Didesak Terbuka soal Evaluasi Wasit

  • www.nusabali.com-pssi-didesak-terbuka-soal-evaluasi-wasit

SURABAYA, NusaBali - PSSI masih juga belum memberi pengumuman terkait evaluasi wasit. Padahal, publik mendesak ada hukuman untuk wasit kontroversial yang memimpin pertandingan di pekan kedua BRI Liga 1 2023/2024 lalu.

Ya, Persebaya Surabaya menjadi salah satu klub yang dirugikan dengan keputusan wasit. Manajemen klub mendesak lewat kiriman surat kepada PSSI tertanggal 9 Juli 2023, namun belum ada respons. Padahal, Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, juga menjabat sebagai Komite Wasit.

Persebaya sempat jadi korban keputusan wasit kontroversial saat menjamu Barito Putera di pekan kedua lalu (8/7/2023). Duel itu dipimpin wasit Thoriq Alkatiri dan berakhir dengan skor imbang 1-1.

Wasit berlisensi FIFA itu dianggap membuat keputusan kontroversial. Satu momen krusial menjadi sorotan yakni saat pemain belakang Barito Putera, Bagas Kaffa, menarik kaus pemain asing Persebaya, Song Ui-Young, hingga terjatuh di dalam kotak penalti.

Thoriq Alkatiri tidak menganggap tindakan Bagas Kaffa itu sebagai pelanggaran. Dia juga memilih tidak memberikan hadiah penalti meski insiden itu terjadi di depan matanya. Sontak saja, para pemain Persebaya melancarkan protes.

“Kami menunggu bagaimana PSSI menyikapi keputusan-keputusan kontroversial di Liga 1 pada pekan 1 dan 2. Bukan hanya laga Persebaya lawan Barito, namun pertandingan-pertandingan lain,” kata Yahya Alkatiri, manajer Persebaya, yang dirilis bola.com, Kamis (13/7).

Video rekaman ulang insiden ini juga telah beredar di media sosial. Banyak pecinta sepak bola nasional yang mempertanyakan keputusan Thoriq Alkatiri yang tidak memberi hadiah penalti.
 
Bukan hanya Persebaya, pada pekan kedua ada beberapa kejadian lain yang mengundang kontroversi. Selain wasit Thoriq, keputusan tidak tepat juga diberikan oleh wasit Nendi Rohaendi yang memimpin laga Bhayangkara FC melawan RANS Nusantara. 

Tidak hanya satu, bahkan ada dua kesalahan fatal di laga tersebut yang berujung gol dan semuanya menguntungkan RANS. Dari tayangan video yang beredar luas di masyarakat, penalti yang diberikan Nendi pada menit ke-36 kepada RANS setelah Abdul Rahman dilanggar di dalam kotak penalti tidak tepat.

“Bagi kami, keputusan wasit yang bermasalah itu bisa menggerus kepercayaan publik akan proses transformasi sepak bola Indonesia. Kalau hal itu terjadi, PSSI dan klub akan serba salah, melakukan apa pun tidak akan dipercaya publik,” kata Yahya Alkatiri.

Kontroversi kedua, gol penyerang Bhayangkara Dendy Sulistyawan pada menit ke-83 dianulir oleh wasit dan hakim garis. Posisinya dianggap offside, padahal, dari video yang beredar luas, posisi Dendy onside.

“Sangat bahaya jika PSSI tidak terbuka dalam melakukan evaluasi pada wasit. Jangan-jangan PSSI akan kehilangan kepercayaan lagi,” ucapnya.

Selain keterbukaan proses evaluasi wasit, Yahya juga menuntut PSSI terbuka soal bagaimana struktur dan personel yang ada di Komite Wasit. Yahya tahu saat ini ketua komite wasit langsung dipegang Erick Thohir yang juga ketua umum PSSI. 

“Namun, siapa yang di bawah beliau tidak pernah tahu. Jangan-jangan orang lama yang bermasalah dan terus bercokol,” ucap Yahya Alkatiri. *

Komentar