nusabali

Drama Komedi di Qatar: Shin Tae-yong Geram Dikerjai Wasit!

  • www.nusabali.com-drama-komedi-di-qatar-shin-tae-yong-geram-dikerjai-wasit

DOHA, NusaBali.com - Timnas U-23 Indonesia harus menelan pil pahit di laga perdana Grup A Piala Asia U-23 2024 melawan tuan rumah Qatar. Bertanding di Stadion Jassim bin Hamad, Doha, Senin (15/4), Garuda Muda takluk dengan skor 0-2.

Kedua gol Qatar tercipta dari situasi bola mati, yakni melalui penalti Khaled Ali Binsabaa pada menit ke-44, sedangkan gol kedua dibukukan Ahmed Alrawi melalui tendangan bebas pada menit ke-54.

Kekalahan ini diwarnai dengan drama penuh kontroversi. Pelatih Shin Tae-yong geram dengan kepemimpinan wasit Nasrullo Kabirov yang dinilainya banyak mengeluarkan keputusan keliru.

"Kalau kalian melihatnya, itu bukan pertandingan sepak bola, ini sebuah pertunjukan komedi dan sangat berlebihan," tegas Shin dalam konferensi pers seusai pertandingan.

Kekecewaan Shin meledak tatkala Indonesia harus bermain dengan 10 pemain setelah Ivar Jenner dikartu merah pada menit ke-46. Keputusan ini dinilai Shin tidak tepat karena Jenner tidak melakukan pelanggaran serius.

"Saya tidak bisa berkata apa-apa tentang pemain yang kena kartu merah, saya kehabisan kata-kata. Sepak bola tidak seharusnya dimainkan seperti ini," ungkap Shin.

Kemarahan Shin semakin menjadi-jadi saat ia melihat kartu kuning dilayangkan kepada dirinya karena protesnya terhadap keputusan wasit. "Wasit tidak menghormati saya," ujar Shin.

Shin juga menyebut keanehan lain yang dialami Garuda Muda, yakni keterlambatan ketibaan timnas di Stadion Jassim bin Hamad yang terjadi pada hari pertandingan.
 
“Ya kami bermain di sini, di Qatar, maka Qatar bermain sebagai tim tuan rumah. Kemarin saat kami datang ke stadion, diperlukan waktu tujuh menit. Hari ini 25 menit,” tuturnya.
 
Meski kecewa, Shin tetap memberikan semangat kepada para pemainnya. Ia meminta mereka untuk fokus pada dua pertandingan tersisa di fase grup.

"Kita harus segera move on. Kita masih punya dua pertandingan lagi," kata Shin.

Timnas Indonesia masih akan memainkan dua pertandingan lagi di fase grup Piala Asia U-23 2024. Laga berikutnya bagi tim Garuda Muda adalah melawan Australia pada Kamis (18/4) dan Jordania pada Minggu (21/4). 


Komentar