nusabali

NPC Gelar Kejurnas Para-Bulutangkis di Solo

  • www.nusabali.com-npc-gelar-kejurnas-para-bulutangkis-di-solo

JAKARTA, NusaBali - National Paralympic Committe (NPC) Indonesia menggelar Kejuaraan Nasional (Kejurnas) para-bulutangkis pada 6-9 Juli 2023 di GOR Fakultas Keolahragaan Universitas Sebelas Maret, Solo, Jawa Tengah (Jateng).

Kejurnas digelar untuk menjaring pemain para-bulutangkis berkualitas untuk masuk ke pemusatan latihan nasional. Kejurnas mempertandingkan nomor tunggal putra dan putri kategori WH1 hingga SH6.

Wakil Sekjen NPC Indonesia, Rima Ferdianto berharap, dari kejurnas kelompok umur para-bulu tangkis ini bisa menjadi ajang untuk regenerasi atau mencari bibit-bibit pemain baru yang terbaik.

Pasalnya, para-bulu tangkis merupakan cabang olahraga andalan Indonesia di event Internasional, seperti Paralimpiade. Kejurnas pun dapat menjadi ajang pemanasan atlet menuju kejuaraan Indonesia Para Badminton International 2023 di Solo pada 4-10 September 2023.

"Para atlet yang jadi juara dan punya kualitas mumpuni langsung didaftarkan NPCI untuk mengikuti Indonesia Para Badminton International 2023 agar memperoleh status klasifikasi disabilitas internasional dari BWF. Lalu mendapatkan jam terbang bertemu dengan pemain-pemain level dunia," ucap Rima, dalam rilis Jumat (7/7).

Selain ajang seleksi pemain untuk kejuaraan internasional, kejurnas juga untuk melihat perkembangan para-bulu tangkis di daerah. Karena itu, kata Ketua Panitia Kejurnas Para-Bulu Tangkis 2023, Jarot Hernowo kejurnas juga untuk memantau pembinaan atlet para-bulu tangkis di seluruh tanah air.

"Kejurnas ini tentu bertujuan untuk menilai dan memantau kegiatan NPCI provinsi dalam membina dan melahirkan bibit-bibit atlet para-bulu tangkis. Kejurnas ini sebagai wadah pembinaan NPCI provinsi untuk berlaga dan bersaing," jelas Jarot.

Para-bulu tangkis sendiri menjadi salah satu andalan Indonesia di berbagai multi-event seperti ASEAN Para Games, Asian Para Games hingga Paralimpiade. Dalam Paralimpiade Tokyo 2020, para-bulu tangkis Indonesia mampu meraih dua medali emas, dua perak dan dua medali perunggu. k22

Komentar