nusabali

Pipa Disapu Banjir, Layanan Air Terganggu

  • www.nusabali.com-pipa-disapu-banjir-layanan-air-terganggu

BANGLI, NusaBali - Layanan Perumda Air Minum Tirta Danu Arta (PDAM) Bangli, kembali terganggu. Karena jaringan pipa air milik Perumda Tirta Danu Arta disapu air Sungai Melangit di Desa Kayubihi, Kecamatan Bangli. Dampaknya, ribuan pelanggan tidak mendapat pasokan air.

Proses perbaikan pipa sedang diupayakan, mengingat kondisi cuaca yang masih hujan. Kasubag Perencanaan Teknis Perumda Air Minum Tirta Danu Arta Bangli, I Wayan Gunawan mengatakan hujan deras selama satu hari penuh mengakibatkan jaringan pipa di beberapa titik hancur karena diterjang longsor dan hanyut terbawa derasnya air sungai.

Berdasarkan data masing-masing unit, kerusakan jaringan pipa terjadi di sumber mata air Gamongan, Desa Kayubihi, Tirta Empelan Selat, Susut, mata air Kedui Kecamatan Tembuku dan jaringan pipa di bawah jembatan Sidawa, Desa Tamanbali, Kecamatan Bangli.

Lanjut Wayan Gunawan, karwn kerusakan yang terjadi, petugas sudah turun ke lokasi untuk lakukan perbaikan. "Untuk proses perbaikan sedang berlangsung dan ada yang sudah tertangani," jelasnya, Jumat (7/7).

Menurut Wayan Gunawan, kerusakan terjadi di sumber mata air Gamongan I yakni jaringan pipa tranmisi hanyut terbawa derasnya air sungai. Selain itu terjadi juga gangguan pompa di sumber mata air Gamongan II, Desa Kayubihi, Bangli.

Kerusakan jaringan pipa tranmisi Gamongan I mengakibatkan pendistribusian air untuk pelanggan di Kelurahan Cempaga dan Kelurahan Kawan serta kawasan LC Aya. "Kerusakan berdampak pada pelayanan, yang mana jumlahnya pelanggan yang terdampak mencapai ribuan," ungkapnya.

Kata Gunawan, dibutuhkan cukup waktu untuk perbaikan jaringan pipa Gamongan I, mengingat medan yang berat dan juga melihat kondisi cuaca.

"Petugas udah turun ke lokasi untuk mengecek beberapa banyak pipa yang rusak atau hanyut. Kami tetap memperhatikan faktor keselamatan, jika kondisi tidak mendukung atau turun hujan lebat praktis perbaikan dihentikan," sambungnya.

Jika cuaca mendukung tentu perbaikan bisa cepat dilakukan. Untuk sementara, Perumda Tirta Danu Arta melakukan sistem bergilir untuk pendistribusian air ke pelanggan. 7esa

Komentar