nusabali

Piyasan Pura Arya Dauh Tergerus Banjir

  • www.nusabali.com-piyasan-pura-arya-dauh-tergerus-banjir

SEMARAPURA, NusaBali - Bale Piyasan, Perantenan, panyengker di sisi barat Pura Pejenengan Arya Dauh yang berlokasi di atas tebing Tukad Unda, Banjar Gerombong, Desa Sulang, Kecamatan Dawan, Klungkung tergerus banjir, Jumat (7/7).

Perbekel Desa Sulang, I Wayan Sukasna, mengatakan bangunan pura tergerus akibat debit air Tukad Unda besar setelah diguyur hujan deras sejak beberapa hari ini.

"Bangunan Pura Paibon Arya Dauh di Banjar Geronggong yang berdiri di atas tebing setinggi 40 meter di bantaran Tukad Unda saat ini kondisinya kian terkikis. Sejak 3 bulan lalu tembok panyengker dan sebuah palinggih jatuh ke sungai, ungkap Sukasna.

Pura Paibon Arya Dauh yang berarsitektur kuno ini diempon oleh 1 kepala keluarga (KK) di Desa Sulang, namun yang tangkil banyak dari luar Klungkung. Informasi penyungsung dari luar Klungkung berasal dari Mengwi, Kabupaten Badung. Selain itu rumah 8 KK yang lokasinya di atas tebing secara perlahan terkikis.

"Pangempon pura maupun warga yang tinggal di atas tebing selama ini dihantui rasa waswas," ujar Sukasna.

Dulu, ada jarak sepanjang 20 meter lebih dari bangunan pura dan bangunan warga dengan bibir tebing. Namun, tebing semakin menipis akibat terkikis aliran Tukad Unda. 7 wan

Komentar