nusabali

Karate Janjikan Peserta Terbanyak

KONI Badung Sport Tourism 2023

  • www.nusabali.com-karate-janjikan-peserta-terbanyak

MANGUPURA, NusaBali - Dari tujuh cabang olahraga yang menggelar KONI Badung Sport Tourism 2023, cabor karate menjanjikan peserta paling banyak. Sebab tiga cabor yang menggelar sport tourism sebelumnya, yakni kabaddi, catur, dan selancar ombak, pesertanya rata-rata 300 orang sesuai target KONI Bali. 

Karena itu, karate menjanjikan 1.000 orang lebih peserta pada gelaran 19-22 Oktober 2023 mendatang.

Menurut Ketum KONI Badung, Made Nariana, Kamis (6/7) untuk cabor karate memang terlihat paling menonjol jumlah peserta yang dijanjikan ke KONI Badung yakni mencapai 1.000 peserta lebih. 

Harapannya ajang yang tujuan utamanya menghadirkan kunjungan wisatawan lebih banyak ke Bali, dan Badung pada khususnya benar-benar terealisasikan dengan baik.  Menurut Nariana, selain cabor karate ada juga cabor selam yang menargetkan peserta mencapai 500 atlet. 

"Dari sisi jumlah semuanya sudah memenuhi syarat minimal 300 peserta, baik kabaddi, catur dan selancar ombak. Terlepas perlu ada koreksi, yang menjadi catatan kami adalah cabor catur yang tanpa medali," tutur Nariana, yang juga mantan Ketum Muaythai Bali.

Nariana menyebutkan tidak ada satupun pecatur asal Badung masuk posisi empat besar. Padahal, kata Nariana,  harapan awal suskes penyelenggaraan, sukses prestasi dan suskes ekonomi.

“Cabor catur suskes prestasi yang belum dilakukan," tegas Nariana. 

Nariana menambahkan dari tujuh cabor yang menggelar sport tourism sebagai event tambahan untuk menambah jam terbang atlet Badung. Hal itu terlepas harus berhadapan dengan lawan berkelas ada dari luar Bali dan luar negeri

“Itu modal bagus untuk atlet itu sendiri kedepannya dalam mengasah jam terbang,”kata Nariana. 

Sementara itu Sekretaris Pengkab Federasi Olahraga Karate -do Indonesia (FORKI) Badung, I Ketut Murti mengakui mengundang sekitar 5 negara peserta pada kejuaraan karate open yang sifatnya sport tourism pada Oktober 2023.

Pria yang Binpres KONI Badung itu menyebutkan lima negara tetangga yang diundang, yakni Malaysia, Singapura, Thailand, India dan Brunei Darussalam. Targetnya sebanyak 1.500 peserta, baik lokal, nasional dan internasional. 

"Title kejuaraan yakni Badung Open Karate Championship 2023 kategori festival dan senior, peserta secara nasional dan internasional," tegas Ketut Murti. dek

Komentar