nusabali

Pohon Asem Tumbang Halangi Akses Pelabuhan

  • www.nusabali.com-pohon-asem-tumbang-halangi-akses-pelabuhan

AMLAPURA, NusaBali - Sebuah pohon Asem panjang 12 meter, diameter 50 cm, di Banjar Luhur, Desa Padangbai, Kecamatan Manggis, Karangasem, tumbang, Senin (3/7) pukul 00.10 Wita. Batang pohon sempat menghalangi akses menuju Pelabuhan Padangbai, Karangasem.

Warga setempat I Putu Sumartana yang melaporkan kejadian itu ke Polsek Manggis. Lanjut, Polsek Manggis berkoordinasi dengan petugas BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Karangasem. Empat petugas BPBD membawa dua chainsaw, di bawah koordinasi Kepala Pelaksana BPBD Ida Bagus Ketut Arimbawa, menangani pohon itu. "Lokasi kejadian merupakan akses menuju Pelabuhan Padangbai. Sebab, pelabuhan sehingga arus kendaraan sempat macet," jelas Ida Bagus Ketut Arimbawa.

Kata dia, penanganan pohon ini mesti cepat agar akses keluar-masuk Pelabuhan Padangbai tidak terhambat. Apalagi, aktivitas di Pelabuhan Padangbai berlangsung 24 jam. Bahkan, bongkar muat penumpang terjadi setiap sejam pada dua dermaga.

Ida Bagus Ketut Arimbawa mensyukuri, saat kejadian, arus lalulintas sepi karena tengah malam dan kebetulan tidak terjadi bongkar muat di dermaga. Maka, pohon tumbang ini tak aman bagi pemakai jalan.


Hujan lebat yang mengguyur Karangasem sejak tiga hari terakhir, jelas Arimbawa, menimbulkan banyak pohon tumbang ke jalan raya. Sebagian pohon tumbang menimpa rumah warga.

Dia menambahkan, BPBD Karangasem telah menyiapkan peralatan, yakni 4 chainsaw besar, 5 chainsaw sedang,  3 chainsaw kecil, sisanya 3 chainsaw sedang, dan 5 chainsaw kecil dalam keadaan rusak. "Chainsaw yang ada masih mencukupi," katanya.

Sementara itu, pohon Aren yang menimpa atap rumah, dapur dan panyengker milik I Nengah Dayuh,70, di Banjar Perangsari Tengah, Desa Duda Utara, Kecamatan Selat. Pohon ini dengan panjang 12 meter dan diameter sekitar 40 cm. Akibatkan, bagian alat dapur dan tempat tidur korban rusak. Kerugian sekitar Rp 20 juta.

Usai penanganan, petugas BPBD langsung menyerahkan paket bantuan. "Biar sekali jalan, mendatangi lokasi kejadian sambil membawa bantuan," jelas Arimbawa.

Perbekel Padangbai Ni Wayan Suparwati Surya Dewi mengakui di wilayahnya ada pohon Asem tumbang menyebabkan kemacetan arus lalulintas selama petugas BPBD melakukan penanganan. "Sering terjadi pohon tumbang di Banjar Luhur, akses menuju Pelabuhan Padangbai," jelas Suparwati.

Pohon Albesia panjang 15 meter dan diameter 25 cm, di Banjar Gula, Desa Bhuana Giri, Kecamatan Bebandem, tumbang menimpa kabel listrik milik PT PLN dan akses jalan raya. Warga Banjar Gula I Wayan Srinadi melaporkan musibah itu ke BPBD Karangasem. Dua petugas BPBD datang ke lokasi dengan membawa 2 chainsaw. Namun, sebelum menangani, terlebih dahulu berkoordinasi dengan petugas PT PLN untuk memutus aliran listrik sementara. Setelah petugas PT PLN menyatakan kondisi aman, berlanjut petugas BPBD melakukan penanganan.7k16

Komentar