nusabali

Rumpun Bambu Tumbang Tutup Jalan

  • www.nusabali.com-rumpun-bambu-tumbang-tutup-jalan

AMLAPURA, NusaBali - Rumpun bambu di dua lokasi tumbang hingga menutup jalan di Banjar Putung, Desa Duda Timur, Kecamatan Selat, Karangasem. Satu lagi di Banjar Triwangsa, Desa Macang, Kecamatan Bebandem. Kedua rumpun bambu itu ditangani secara mandiri, tanpa dukungan petugas BPBD Karangasem.

Kelian Banjar Dinas Putung I Gede Pasek Wicaksana yang mengoordinasikan warga bergotong royong menyingkirkan batang pohon bambu yang tumbang di Banjar Putung, Rabu (6/3) pukul 19.00 Wita. 

Kata dia, rumpun bambu yang tumbang tepat di tikungan, jalan tanjakan yang rusak. Kelian Banjar Putung Pasek Wicaksana hanya memotong-motong batang bambu kemudian disingkirkan dari jalan raya agar akses jalan jurusan Banjar Putung, Desa Duda Timur, tembus ke Banjar Pande, Desa/Kecamatan Manggis, tidak terganggu.

Rumpun bambu milik I Wayan Sudana yang roboh ke jalan raya. "Saya hanya memotong batang bambu, kemudian saya singkirkan dari jalan raya agar arus lalulintas tidak terganggu, penanganan sekitar 30 menit," jelas I Gede Pasek Wicaksana.

Sebenarnya di jalur Banjar Putung, rawan longsor, syukurnya selama musim hujan bencana itu tidak pernah terjadi. Di bagian lain, rumpun bambu roboh di Banjar Triwangsa, Desa Macang, Kecamatan Bebandem menimpa kabel listrik.

Perbekel Macang Ni Putu Dewi Suryanti yang mengoordinasikan penanganan pohon bambu. 

"Secara teknis tidak ada kendala, kami tidak melapor ke BPBD Karangasem karena telah bisa ditangani sendiri," katanya.

Berbeda dengan perangkat Desa Antiga, dan Desa Antiga Kelod, Kecamatan Manggis, memangkas dahan pohon, yang mencolok ke jalan dengan tujuan agar tidak membahayakan pengendara jalan raya terutama di musim hujan. Camat Manggis I Putu Eka Putra Tirtana yang mengoordinasikan penanganan itu.7k16

Komentar