nusabali

Yongmoodo Klungkung Optimis Tatap Porprov

  • www.nusabali.com-yongmoodo-klungkung-optimis-tatap-porprov

SEMARAPURA, NusaBali - Pengkab Federasi Yongmoodo Indonesia (FYI) Klungkung optimis tatap Porprov Bali XVI/2025 mendatang. Optimis itu setelah keluar sebagai peraih medali emas terbanyak kedua setelah Bangli pada ajang Porsenijar Provinsi Bali 2023 di GOR Lila Bhuana Denpasar dengan raihan 3 emas, 3 perak, dan 1 perunggu.

"Keyakinan kami semakin kuat karena mampu berbicara banyak di ajang Porsenijar Bali, jadi kita lebih yakin menatap Porprov Bali dengan target 3 medali emas juga," ucap Ketua Umum Yongmoodo Klungkung, Dewa Made Wahyudi Adi Kusuma, Selasa (27/6). 

Menurut Dewa Kusuma yang juga kesehariannya sebagai Kepala Sekolah di SD Negeri 4 Kusamba, atlet peraih medali pada ajang Porsenijar Bali umurnya masih sangat muda, sehingga khusus yang tingkat SMA hitungan 2 tahun lagi sudah siap tampil di ajang Porprov Bali. Kata Dewa Kusuma, tim yongmoodo Klungkung yang didampingi pelatih Jundi Fakhri Syauqi  ( yang juga sebagai atlet peraih medali perak pada Porprov Bali XV/2022 pada tahun lalu) dengan official I Ketut Maycel Jupriana, prestasinya saat Porsenijar Bali cukup bagus. 

FOTO: Ketua Umum Yongmoodo Klungkung, Dewa Made Wahyudi Adi Kusuma bersama peraih medali Porsenijar Bali. -KADEK

Dewa Kusuma menyebutkan, bahkan hasil 3 medali emas itu sudah melampaui target awal yang diharapakan di ajang Porsenijar. Semua itu karena pada ajang Porsenijar Bali, Tim Yongmoodo Klungkung sebagai peraih medali emas terbanyak kedua, dibawah Kabupaten Bangli. "Bagi saya itu capaian yang luar biasa. Sehingga atlet beladiri yongmoodo Klungkung yang sempat turun di Porsenijar Bali ini, akan tetap dibina sebagai proteksi menuju Porprov Bali 2025," tegas Dewa Kusuma. 

Harapannya pada ajang resmi pesta olahraga multi event dua tahunan antar kabupaten/kota bisa meraih 3 keping medali emas. Hal itu agar atletnya tetap bisa bersaing di papan atas dengan daerah lainnya dalam perebutan medali di Porprov nanti. "Untuk sementara atlet dari kalangan pelajar ini sebagai atlet pelapis senior - seniornya. Jadi, kemungkinan besar ada peluang untuk bermain Porprov, karena Porprov akan dilaksanakan 2 tahun lagi. Jadi atlet-atlet kami yang tingkat SMA saat ini sudah layak dan berani tampil di Porprov nanti," beber Dewa Kusuma. 

Menanggapi apakah akan turun full team di Porprov nanti diakui ada rencana bisa turun dengan kekuatan penuh, tetapi dengan catatan tergantung pembiayaan dari KONI Klungkung juga. Di satu sisi untuk cabor beladiri yongmoodo masih tetap mempertandingkan untuk 11 kelas terdiri 4 kelas untuk putri yakni kelas -48 kg, -52 kg, -60 kg, dan - 65 kg putri. Sedangkan untuk putra pertandingkan 7 kelas rinciannya kelas -50 kg, -55 kg, - 60 kg, -65 kg, -70 kg, -75 kg, dan + 75 kg putra. 7dek

Medali emas : 
1. I Gede Aldy Permana Purta (+ 70 Kg putra SMP )
2. I Putu Ady Ananta Devayana  ( -55kg putra SMA )
3. I Putu Angga Saputra ( -65 kg putra SMA )
 
Medali perak : 
1. Ni Luh Putu Candra Cahyani ( -48 kg putri SMP )
2. Ni Kadek Cintya Putra Astika ( - 52 kg putri SMP ) 
3. I Gede Aditya Krisna Putra ( - 55 kg putra SMP )

Medali perunggu : 
1. Ni Kadek Aliya Aprilia ( -52Kg Putri SMA)

Komentar