nusabali

Serius Benahi Wasit, PSSI Datangkan Pierluigi Collina

  • www.nusabali.com-serius-benahi-wasit-pssi-datangkan-pierluigi-collina

JAKARTA, NusaBali - Kian serius meningkatkan mutu dan kualitas wasit Indonesia, PSSI menggelar seleksi pengadil lapangan. Selain itu Pierluigi Collina juga akan didatangkan.

Seleksi wasit baru-baru ini digelar PSSI yang bekerja sama dengan Federasi Sepakbola Jepang (JFA). Seleksi ini digelar untuk menyaring wasit yang akan ditugaskan ke Liga 1, Liga 2, dan kompetisi lainnya.

Setelah seleksi ini, PSSI juga akan mendatangkan tokoh wasit dunia. Dia adalah Pierluigi Collina dari Italia, pensiunan wasit yang dinilai sebagai yang terbaik dunia di masa aktifnya.

"Saya mendorong FIFA mengirimkan wasit Collina ya, instruktur dari FIFA untuk datang ke indonesia agar ketemu para wasit juga," kata Ketua Umum PSSI Erick Thohir, Kamis (22/6).

"Supaya memberikan semangat juga. Jadi bukan hanya Roberto Carlos, Juan Sebastian Veron, wasitnya pun perlu semangat," ujar Erick Thohir.

Saat ini Collina masih sibuk di dunia perwasitan setelah kariernya berakhir. Dia tercatat sebagai Ketua Komite Wasit UEFA dan FIFA.

Untuk itu PSSI pun mengajukan permintaan resmi ke FIFA untuk mendatangkan ‘wasit plontos’ itu ke Indonesia. Diharapkan kehadirannya bisa memberikan pelajaran dan motivasi buat wasit-wasit Indonesia.

Selain itu, Erick Thohir juga mengumumkan jumlah wasit yang akan bertugas di kompetisi Liga Indonesia mulai dari Liga 1, Liga 2 dan Liga 3.

Ya, sebanyak 18 wasit akan bertugas di Liga 1, 24 wasit bertugas di Liga 2 dan 40 wasit ditugaskan di Liga 3.

"Hari ini kami sudah mendapatkan nama-nama wasit hasil seleksi ketat yang melibatkan pengawas dari JFA. Saya berharap 18 wasit di Liga 1 dan 24 wasit di Liga 2 yang dinyatakan lolos, mampu menjaga amanah yang diberikan, mau menjadi bagian dari tujuan yang sama-sama kita inginkan, siap menjalani sumpah, dan berkomitmen penuh agar sepak bola kita (Indonesia) dihargai," kata Erick Thohir.

Proses seleksi wasit dilakukan berkat kerja sama antara PSSI dengan Japan Football Association (JFA) yang mengirimkan Yoshimi Ogawa (member of Japan Football Association Referee Committee) dan Toshiyuki Nagi (JFA Referee Instructor and JFA Top Amateur Referees Manager) yang bertindak sebagai instruktur dan pengawas. ant

Komentar