nusabali

Salat Idul Adha di Klungkung Dipusatkan di Lapangan Ida Dewa Agung Jambe

  • www.nusabali.com-salat-idul-adha-di-klungkung-dipusatkan-di-lapangan-ida-dewa-agung-jambe

SEMARAPURA, NusaBali.com – Kementerian Agama RI telah menetapkan Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriah jatuh pada Kamis (29/6/2023) mendatang. Menyambut hari raya tersebut, Pengurus Hari Besar Islam (PHBI) Kabupaten Klungkung memberikan gambaran umum pelaksanaan Salat Idul Adha 1444 Hijriah.

Ketua Pengurus Hari Besar Islam (PHBI) Kabupaten Klungkung, Adriansyah menerangkan persiapan salat Idul Adha di Klungkung sudah mencapai 90 persen.

Ia menjelaskan pihaknya telah menetapkan siapa saja orang yang akan bertugas saat pelaksanaan salat Idul Adha. Rencananya, yang akan menjadi Imam dan Khatib pada pelaksanaan Salat Idul Adha adalah Ahmad Syarif (Imam) dan Randi Suhendi (Khatib). Sedangkan, yang akan bertugas menjadi MC adalah Allan Dwi Pranata, Bilal 1, Malik Ibrahim dan Bilal 2, Agus Sadikim.

“Persiapan salat Idul Adha sudah mencapai 90 persen. Jadi lapangan dan kesiapan tim kami untuk membuat shaf salat, mengecek sound, dan lain-lain akan kami laksanakan setelah Isya pada Rabu (28/6/2023),” tutur Ardiansyah saat dikonfirmasi pada Selasa (20/6/2023) siang.

Lebih lanjut, jika kondisi cuaca hujan pada saat salat Idul Adha, Ardiansyah menjelaskan pihaknya sudah mengimbau ke seluruh musala ataupun masjid yang memang digunakan untuk peribadatan salat Jumat setiap minggunya untuk tetap menyiapkan khatib dan imam.

Namun, dikatakannya lokasi utama salat Idul Adha akan tetap dipusatkan di Lapangan Ida Dewa Agung Jambe, Semarapura,  dan bisa menampung sebanyak 4 kampung warga Islam selain Kampung Toyapakeh Nusa Penida. Sebab, ia menerangkan di Kampung Islam Gelgel pun tetap melaksanakan salat Idul Adha yang berlokasi di Masjid Nurul Huda.

“Di Kampung Islam Gelgel pun tetap melaksanakan salat Idul Adha di Masjid Nurul Huda, karena banyak orang-orang yang uzur dan tidak bisa ke lapangan. Jadi Kampung Islam Gelgel masih memfasilitasi warganya untuk salat di sana,” tuturnya.

Sementara, soal pelaksanaan pawai takbir keliling, Ardiansyah mengungkapkan untuk perayaan Idul Adha tahun ini, pawai takbir keliling di Kabupaten Klungkung ditiadakan. Sehingga, masing-masing kampung seperti Kampung Jawa, Kampung Gelgel, Kampung Kusamba, Kampung Lebah, dan Kampung Toyapakeh Nusa Penida melakukan pawai takbir keliling di masing-masing wilayahnya.

“Pawai takbir keliling dilakukan oleh kampung masing-masing di lokasi yang sudah disiapkan. Pengumpulan masa di depan monumen juga tidak ada,” tambahnya.

Sebagai informasi tambahan, salat Idul Adha di Kabupaten Klungkung akan dilaksanakan pada Kamis (29/6/2023) mendatang yang akan dimulai pada pukul 06.30 sampai 07.10 Wita. Kemudian akan dilanjutkan dengan Khutbah Hari Raya Idul Adha sampai pukul 07.40 Wita. *ris


Komentar