nusabali

Petugas PKP Bangli Periksa Hewan Kurban Idul Adha

  • www.nusabali.com-petugas-pkp-bangli-periksa-hewan-kurban-idul-adha

BANGLI, NusaBali - Dinas Pertanian Ketahanan Pangan (PKP) Bangli menurunkan sejumlah petugas untuk memeriksa hewan kurban untuk Hari Raya Idul Adha, Kamis (29/6). Pemeriksaan ini agar masyarakat mendapatkan daging layak konsumsi.

Salah satu lokasi pemeriksaan hewan kurban di Masjid Agung Bangli. Petugas Medik Veteriner Dinas PKP Bangli, Anak Agung Kartika Dewi mengatakan, pemeriksaan itu sebelum hewan disembelih. Pemesiksaan untuk mengetahui gejala klinis dan tanda-tanda kalau ada hewan sedang sakit.

"Setelah penyembelihan, dilanjutkan pemeriksaan postmortem dengan memeriksa karkas dan jeroan hewan. Ini guna mengantisipasi cacing pita dan penyakit hewan yang berbahaya sehingga aman dan layak konsumsi," jelasnya.

Untuk perayaan Idul Adha di Bangli ada 13 ekor sapi dan 18 ekor kambing disembelih. Agung Kartika berharap dengan pemeriksaan daging ini, masyarakat mendapatkan daging layak dan aman untuk dikonsumsi.

Sementara itu, Shalat Idul Adha di Masjid Agung Bangli diikuti ribuan umat muslim. Ketua Ta'mir Masjid Agung Bangli Haji Ghufron Fathoni mengatakan perayaan Idul Adha kali ini lebih menekankan spirit kurban, yakni berbagi bersama kepada seluruh umat.

Dalam kesempatan tersebut hadir juga Dandim 1626 Bangli Letkol Arh Sutrisno. Dia mengatakan Idul Adha mengajarkan nilai-nilai pengorbanan dan cinta mendalam kepada Allah SWT. Dia mengharapkan seluruh masyarakat khususnya umat muslim agar terus belajar menjadi pribadi yang lebih baik dan meningkatkan kepedulian terhadap sesama. "Perayaan Idul Adha kali ini adalah momentum bagi seluruh umat untuk selalu menjaga toleransi sehingga harmoni dan kerukunan antarumat beragama terus terjalin dengan baik," ungkapnya.7esa

Komentar