nusabali

Chelsea Siap Jual Lima Pemain ke Arab Saudi

  • www.nusabali.com-chelsea-siap-jual-lima-pemain-ke-arab-saudi

LONDON, NusaBali - Pemilik Chelsea Todd Boehl melihat Arab Saudi sebagai solusi untuk menyeimbangkan keuangan klub. Rencananya, The Blues melepas lima pemain lagi ke Arab Saudi, menyusul N'Golo Kante.

Kante, yang direkrut Chelsea dari Leicester City pada 2016, pergi dari Stamford Bridge saat kontraknya habis bulan Juni ini. Dia menerima pinangan klub Liga Arab Saudi, Al-Ittihad, menyusul rekan Prancisnya, Karim Banzema. 

Kante (32) meneken kontrak fantastis senilai 1,7 juta pounds (Rp 32,6 miliar) per pekan. Nilai kontraknya enam kali lipat lebih tinggi dibandingkan gajinya saat di Chelsea. 

Kepindahan Kante membuat Boehly menemukan opsi menyelamatkan Chelsea melanggar aturan Financial Fair Play (FFP). Boehl mengucurkan lebih dari 600 juta pounds (Rp 11,5 triliun) untuk membeli pemain baru sejak mengambil alih The Blues dari Roman Abramovich. Dia harus menyeimbangkan neraca keuangan klub, dengan memangkas ruang ganti klub yang disesaki 30 pemain. 

Menurut Mirror pada Senin (19/6), Boehl akan menjual beberapa bintangnya ke Saudi , yang nilanya mencapai 230 juta pounds (Rp 4,41 triliun).  Keempat pemain itu, yakni Pierre-Emerick Aubameyang, Kalidou Koulibaly, Romelu Lukaku, Hakim Ziyech, dan Edouard Mendy.

Aubameyang dikabarkan dalam pembicaraan bergabung klub Liga Arab Saudi, yang dimiliki Public Investment Fund. Chelsea mengeluarkan 10 juta pounds (Rp 191,9 miliar) saat mendatangkan Aubameyang dari Barcelona pada Agustus 2022. 
Bek Senegal Kalidou Koulibaly juga ditawarkan ke klub Arab Saudi, meski tak ada keterangan terperinci tentang nama klub. Koulibaly baru didatangkan dari Napoli pada musim panas 2022, dengan harga 34 juta pounds. 

Lalu Lukaku dikabarkan diminati klub Liga Arab Saudi, Al-Hilal, dengan bayaran senilai 21 juta pounds (Rp 403,2 miliar) per tahun.  Chelsea harus merogoh 97,5 juta pounds (Rp1,87 triliun) Inter Milan. 

Terbaru, winger Hakim Ziyech juga menjadi target bidikan klub Arab Saudi, Al-Nassr. Dia akan didatangkan untuk bekerja sama dengan Cristiano Ronaldo. Chelsea mengeluarkan Rp729 miliar saat memboyong dari Ajax pada 2020. 

Kiper Edouard Mendy juga dikabarkan digoda klub Saudi Pro League, Al-Ahli dan sudah menghubungi agen Mendy. Mendy dibeli Chelsea 22 juta pounds (Rp422,3 miliar). *

Komentar