nusabali

Siapa Sanggup Kalahkan Pasukan Guardiola

ManCity vs Inter Milan, Minggu Dinihari

  • www.nusabali.com-siapa-sanggup-kalahkan-pasukan-guardiola

ISTANBUL, NusaBali - Manchester City lebih difavoritkan saat menghadapi Inter Milan, dalam laga final Liga Champions 2022/2023, di Ataturk Olympic Stadium, Istanbul, Turki, Minggu(11/6) dinihari, pukul 03.00 Wita. Ya, pasukan Pep Guardiola sangat superior musim ini, dan itu terbukti dengan kesuksesannyajuara Premier League dan Piala FA.

Bahkan di Liga Champions musim ini, City belum terkalahkan. Dalam 12 laga, dari fase grup hingga semifinal, belum ada tim yang sanggup mengalahkan ManCity. Mereka menang tujuh kali dan seri lima kali.

So, wajar jika City difavoritkan mengalahkan Inter di final. ManCity musim ini mengalahkan Arsenal dalam perburuan gelar juara Premier League. Lalu mengalahkan Manchester United (MU) di final Piala FA. Jika mampu meraih gelar Liga Champions perdananya, maka impian treble pasukan Josep Guardiola akan menjadi kenyataan. Kini, City dihadapkan pada rintangan terakhir, yakni final melawan peraih treble 2009/2010, Inter Milan.

Sebelum ini, hanya ada satu klub Inggris yang pernah meraih treble, yakni MU pada musim 1998/1999 silam. Status itu takkan lagi eksklusif jika musim ini sang rival sekota ManCity mampu menyamainya.

Selain perkasa perkasa dan belum terkalahkan di Liga Champions musim ini, City menjadi tim tertajam dengan 31 gol. Mereka memiliki Erling Haaland sang top skorer, serta Kevin De Bruyne sang top assist. Juara di grupnya, ManCity kemudian mengkandaskan RB Leipzig, Bayern Munchen, dan juara bertahan Real Madrid untuk mencapai final kedua mereka di kompetisi ini.

Di atas kertas, dengan skuad lebih kuat, City memang lebih difavoritkan. Namun, City tidak akan menganggap remeh lawan. Pasalnya, meski sepak terjangnya musim ini tak sehebat City, Inter Milan tetap dapat menjadi ancaman berbahaya.

Di fase grup, pasukan Simone Inzaghi turut andil melempar Barcelona ke Liga Europa. Setelah itu, dengan Andre Onana yang tangguh di bawah mistar, Inter membuat Porto dan Benfica frustrasi di babak 16 besar dan perempat final. Memenangi derby kontra AC Milan di semifinal, Inter pun menginjakkan kaki di final.

Lautaro Martinez, Romelu Lukaku, dan eks City Edin Dzeko, adalah beberapa pemain yang bisa menjadi andalan Inter di final. Meski tak sebuas Haaland, mereka tetap bisa menjadi ancaman besar buat Man City.

Keberadaan Inzaghi sebagai pelatih juga pantas jadi pertimbangan. Pasalnya, dalam tujuh final terakhirnya, mantan arsitek Lazio itu selalu mampu mengantarkan tim-timnya jadi juara. Musim ini, meski cuma finis peringkat tiga di Serie A, dia sudah membawa Inter juara Supercoppa Italiana dan Coppa Italia.

Musim ini sendiri, Italia memiliki tiga wakil di tiga final kompetisi Eropa. Selain Inter, ada Fiorentina di UEFA Conference League, juga AS Roma di Liga Europa. Namun, dua tim itu sudah kalah di final. Inter jadi harapan tersisa Italia. Itu bisa bisa menjadi beban, atau justru malah menjadi motivasi bagi mereka.

Man City maupun Inter memiliki keunggulan masing-masing. Strategi, taktik, mental, hingga determinasi benar-benar akan berperan krusial dalam duel penentuan di Istanbul nanti. *


Prediksi Starting XI

ManCity (3-4-2-1): Ederson; Ake, Dias, Walker; Grealish, Rodri, Stones, Bernardo Silva; Gundogan, De Bruyne; Haaland. Pelatih: Pep Guardiola.

Inter Milan (3-5-2): Onana; Bastoni, Acerbi, Darmian; Dimarco, Brozovic, Calhanoglu, Barella, Dumfries; Lautaro Martinez, Dzeko. Pelatih: Simone Inzaghi.

Lima Laga Terakhir City 
18-05-23 Man City 4-0 Madrid (UCL)
21-05-23 Man City 1-0 Chelsea (EPL)
25-05-23 Brighton 1-1 Man City (EPL)
28-05-23 Brentford 1-0 Man City (EPL)
03-06-23 Man City 2-1 MU (FA Cup).

Lima Laga Terakhir Inter 
17-05-23 Inter 1-0 Milan (UCL)
21-05-23 Napoli 3-1 Inter (Serie A)
25-05-23 Fiorentina 1-2 Inter (Coppa Italia)
28-05-23 Inter 3-2 Atalanta (Serie A)
03-06-23 Torino 0-1 Inter (Serie A).

Komentar