nusabali

Ombudsman Kumpulkan Kadisdikpora, Sambut PPDB Ajak Teken Komitmen

  • www.nusabali.com-ombudsman-kumpulkan-kadisdikpora-sambut-ppdb-ajak-teken-komitmen

PPDB SMA/SMK di Bali ini akan dilaksanakan pada 21-24 Juni mendatang, dan hasil diumumkan pada 1 Juli 2023.

DENPASAR, NusaBali
Untuk memastikan kesiapan dan pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran 2023/2024 berjalan lancar, Ombudsman RI Perwakilan Bali mengajak semua Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Kadisdikpora), baik di tingkat provinsi, kabupaten dan kota untuk menandatangani peneguhan komitmen.

“Sebelum PPDB, perlu kiranya membangun komitmen agar lebih baik. Sebagaimana diketahui, setiap tahun selalu ada masalah. Walaupun sudah direncanakan dan disusun dengan baik, ada saja kendala,” terang Kepala Ombudsman Perwakilan Bali, Ni Nyoman Sri Widhiyanti.

Pada penandatanganan yang dilakukan di Aula Rapat Utama Kantor Ombudsman RI Perwakilan Bali, Kamis (8/6) siang, hadir Kadisdikpora Bali Boy Jayawibawa. Selain itu sejumlah Kadisdikpora dan perwakilan dari kabupaten/kota juga turut hadir.

Widhiyanti mengingatkan jika ombusman sifatnya melakukan pengawasan, kalau ada kendala di lapangan harus betul-betul diselesaikan. “Pendidikan adalah hak dasar masyarakat, sehingga warga harus mendapat pelayanan terkait pendidikan. Hanya saja jangan menabrak aturan, intinya aturan bisa menyelesaikan persoalan di bawah,” ujarnya.

Foto: Kepala Ombudsman Perwakilan Bali, Ni Nyoman Sri Widhiyanti bersama Kadisdikpora Bali Boy Jayawijaya. -MAOLAN

Ia pun mengungkapkan jika Ombusman sudah membuka Posko Pengaduan PPDB. “Terhadap laporan yang masuk ke kami, harus ditindaklanjuti oleh mereka (Disdikpora, Red). Jika tidak dilakukan, dan jika ada mal administratif, kami akan lakukan tindakan korektif,” tegasnya.

Sementara itu Kadisdikpora Bali Boy Jayawijaya mengungkapkan kesiapan PPDB tahun ajaran 2023/2024, karena tahun ini tidak ada perubahan regulasi, masih menggunakan Permendikbud Nomor 1 Tahun 2021 tentang PPDB dan Peraturan Gubernur Nomor 17 Tahun 2022. “Selain itu sudak dilakukan sosialisasi, meskipun materinya tidak berbeda,” kata Boy.

Ia pun memastikan SMA/SMK di Bali masih bisa menampung lulusan SMP  yang diperkirakan berada di kisaran 60.000an lebih siswa. PPDB SMA/SMK di Bali ini akan dilaksanakan pada 21-24 Juni mendatang, dan hasil diumumkan pada 1 Juli 2023. “Mitigasi juga sudah kami lakukan untuk mengantisipasi pendaftaran secara online. Telkom sudah menambah lima kali daya kekuatan, istilah awamnya supaya menghindari jebol,” kata Boy. 7 mao

Komentar