nusabali

Libas Jagoan India, Jorji ke Final

Adinata Cedera di Semifinal Malaysia Masters

  • www.nusabali.com-libas-jagoan-india-jorji-ke-final

Hasil itu mengulangi keberhasilan Gregoria saat mengalahkan Sindhu dalam babak final Spain Masters, April lalu, yang mengantarkannya pada gelar perdana BWF World Tour.

JAKARTA, NusaBali
Pebulu tangkis tunggal putri Indonesia Gregoria ‘Jorji’ Mariska Tunjung lolos ke final Malaysia Masters 2023.  Jorji kembali menorehkan kemenangan atas Pusarla V Sindhu dalam laga semifinal di Axiata Arena, Kuala Lumpur, Sabtu (27/5). Sedangkan pemain tunggal putra Indonesia Christian Adinata mengundurkan diri setelah cedera di semifinal.

Ya, Jorji, panggilan akrab Gregoria, meraih kemenangan atas jagoan putri India, 21-14, 21-17. Hasil itu mengulangi keberhasilan Jorji saat mengalahkan Sindhu dalam babak final Spain Masters, April lalu, yang mengantarkannya pada gelar perdana BWF World Tour.

Dalam laga hari ini, Gregoria bermain penuh kesabaran pada gim pertama. Meski sempat tertinggal pada 7-9 hingga 8-11, namun Gregoria tetap konsisten dan mampu mengejar poin demi poin.

Keberuntungan pun berpihak padanya dengan kemampuannya mendulang enam poin secara beruntun untuk membalikkan posisi menjadi unggul 16-12 atas Sindhu.

Lewat pengembalian panjang dan menyilang, serta kebolehannya dalam mengejar pengembalian, Gregoria akhirnya bisa merebut poin demi poin. Bahkan Sindhu kerap tak siap dalam memberikan pengembalian sehingga pukulannya missed atau keluar lapangan. Gregoria terus memupuk poin hingga gim pertama usai. Kemenangan pun dia rebut dari pebulu tangkis peringkat ke-13 tersebut.

Pada gim kedua, lagi-lagi Gregoria bermain penuh kesabaran dan tidak tergesa-gesa dalam mematikan pukulan Sindhu. Kesabarannya berbuah manis dengan keunggulan yang terus terjaga, meski secara teknis Sindhu masih membayangi perolehan poin.

Akhirnya Gregoria menjauhkan Sindhu dengan mendulang poin beruntun beberapa kali. Jelang akhir laga, kedua pemain melakukan reli-reli yang menguras tenaga. Namun ketahanan mental Gregoria patut diacungi jempol karena dia masih sanggup meladeni lawan dan mengejar kok.  Gregoria pun menang dengan skor akhir 21-17.

Sementara itu, Christian Adinata harus menunda mimpinya meraih gelar perdana di turnamen Super 500 setelah terhenti di semifinal Malaysia Masters 2023 karena cedera lutut kiri.

Peraih emas tunggal putra SEA Games 2023 Kamboja itu terpaksa mundur saat melawan wakil India Prannoy H. S di Axiata Arena, Kuala Lumpur, Sabtu. Dia terpeleset dan tak mampu melanjutkan pertandingan gim pertama ketika skor 17-19.

"Secara detail saya belum bisa bicara karena ini langsung akan dibawa ke rumah sakit untuk periksa dan MRI," kata Pelatih Tunggal Putra Indonesia, Irwansyah.

Christian adalah kuda hitam dalam turnamen yang memperebutkan total hadiah 420 ribu dolar AS (sekitar Rp 6,2 miliar). Dia tampil gemilang hingga lolos ke semifinal. Pada babak pertama, Adinata mengalahkan Kantaphon Wangcharoen (Thailand) 21-16, 21-17.

Lalu babak kedua, Christian menang atas pemain Denmark Magnus Johannesen 21-6, 21-1.  Di perempatfinal, dia menunjukkan kualitas dengan mengalahkan mantan pemain nomor satu dunia asal India Srikanth Kidambi, 16-21, 21-16, 21-11.

Dengan demikian, Indonesia dipastikan gagal meraih gelar di sector tunggal putra Malaysia Masters 2023. Hasil itu berbeda dengan tahun lalu, saat Chico Aura Dwi Wardoyo menjadi juara usai mengalahkan Ng Ka Long asal Hong Kong, 21-14, 21-16. ant

Komentar