nusabali

Jembatan Marga–Apuan Disiapkan Anggaran Rp 11,4 M

  • www.nusabali.com-jembatan-marga-apuan-disiapkan-anggaran-rp-114-m

TABANAN, NusaBali - Jembatan penghubung Marga – Apuan di Banjar Cau, Desa Tua, Kecamatan / Kabupaten Tabanan segera dibangun.

Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, Perumahan, dan Kawasan Pemukiman (PUPRKP) Tabanan merancang pembangunan dilakukan awal Juni 2023. Anggaran disiapkan mencapai Rp 11,4 miliar. 

Kepala Dinas PUPRPKP Tabanan I Made Dedy Darmasaputra mengatakan tahap pembangunan masih proses kontrak dan persiapan pelaksanaan. “Bulan Juni sudah mulai dibangun,” ujarnya, Selasa (23/5). 

Disebutkan pembangunan jembatan akan menggunakan beton prategang. Total anggaran disiapkan mencapai Rp 11,4 miliar. "Anggaran ini menggunakan APBD Tabanan yang bersumber dari BKK Provinsi Bali. Astungkatan awal Juni sudah mulai dikerjakan,” ucap Dedy Darmasaputra.
 
Seperti diketahui jembatan Marga–Apuan sepanjang 15 meter ini putus akibat bencana 17 Oktober 2022. Terjangan air bah dari Sungai Yeh Kajang membuat jalan vital yang tembus sampai Kecamatan Baturiti putus total. 

Tak hanya jembatan Marga–Apuan, sejumlah fasilitas lainnya di Tabanan turut terimbas. Bahkan agar bisa dilalui, lantaran jembatan Marga–Apuan ini adalah akses vital, warga sempat membangun jembatan darurat secara swadaya. 

Pembangunan jembatan darurat menggunakan pipa besi ini dibuat oleh relawan secara urunan hingga terkumpul Rp 50 juta. Namun jembatan darurat ini hanya bisa dilalui oleh kendaraan roda dua saja. Untuk roda empat harus memutar balik. 

Rutenya kendaraan dari Marga yang akan melintas ke Kecamatan Baturiti bisa melalui Banjar Bunutin, Desa Payangan. Sedangkan dari wilayah Tua akan ke kota Tabanan bisa melintasi jalan Desa Perean Kauh. 7 des

Komentar