nusabali

Ras Muhamad Feat Jumat Libur Soundsystem Rilis 'Like Summer'

  • www.nusabali.com-ras-muhamad-feat-jumat-libur-soundsystem-rilis-like-summer

DENPASAR, NusaBali - Penyanyi reggae berbasis di Bali Ras Muhamad merilis single terbarunya berjudul 'Like Summer', Senin (22/5). Single berkolaborasi dengan band Jumat Libur Soundsystem bercerita tentang perasaan romansa, keceriaan dan sensualitas.

Ras Muhamad sangat identik dengan musik Jamaica dan black music. Kini, ia terinspirasi suasana Pulau Dewata yang memiliki aura  'forever holiday' dan 'forever summer'. Video klip Like Summer juga digarap cukup fenomenal dengan penggunaan roller skate dan motor paralayang.

"Single Like Summer ini seperti 'single pertama'. Tema dan liriknya lebih romantis," ujar Ras Muhamad dalam konferensi pers di Denpasar, Senin (22/5) siang. 

Musik 'Like Summer' menampilkan warna berbeda di mana Ras Muhamad dan Jumat Libur Soundsystem memperpadukan afropop (genre dari Nigeria) dan juga reggae dancehall (subkultur musik Jamaika). Lirik dalam lagu tersebut pun menggunakan bahasa Inggris dan bahasa Indonesia agar nuansa Nusantara tak lepas. "Afro lagi naik walaupun sebenarnya kita basic-nya reggae," ucap Ras Muhamad. 

Sementara itu, Erick EST selaku penggarap video musik Like Summer mengungkapkan, konsep vintage diusung dalam penggarapan video musik seakan-akan apa yang ditampilkan dalam video klip terjadi pada era akhir '80an- awal '90an, tanpa gadget dan tanpa media sosial. 

Ada beberapa elemen yang sangat unik di mana 'Like Summer' menampilkan komunitas roller skate di Bali yang melakukan atraksi atau trik dan juga motor paralayang di mana Ras Muhamad perform di atas udara setinggi 120 meter, "Sebuah visual yang bisa disebut sebagai 'stunt-performance'," ujarnya. 

Selain itu, Erick juga menampilkan sejumlah spot-spot wisata menarik yang ada di Bali khususnya di daerah Canggu dan sekitarnya. "Saya selalu memunculkan alam dan budaya Bali. Bali masih banyak belum digali. Bali punya hal-hal unik yang belum kita lihat," ujarnya. 

Like Summer adalah single pemanasan untuk album terbaru Ras Muhamad yang rencana rilis Oktober 2023. Single berikutnya yang akan dirilis adalah 'Sand Castles' pada Agustus 2023. Karya-karya tersebut akan dirilis oleh label Indie, Black Coral Music, label milik Ras Muhamad sendiri. 7 cr78

Komentar