nusabali

Meliang-liang Bersama Masyarakat, Bupati Sanjaya Tunjukkan Kolaborasi

Musrenbangkab dan Success Story 3 Tahun Kepemimpinan Jaya-Wira di Tabanan

  • www.nusabali.com-meliang-liang-bersama-masyarakat-bupati-sanjaya-tunjukkan-kolaborasi
  • www.nusabali.com-meliang-liang-bersama-masyarakat-bupati-sanjaya-tunjukkan-kolaborasi

TABANAN, NusaBali - Pasangan Bupati Tabanan dan Wakil Bupati Tabanan I Komang Gede Sanjaya-I Made Edi Wirawan atau Jaya-Wira menggelar kegiatan Success Story Tiga Tahun Kepemimpinan Jaya-Wira di Gedung Kesenian I Ketut Maria Tabanan, Senin (26/2).

Kegiatan yang dirangkai dengan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Kabupaten (Musrenbangkab) RKPD-SB Tahun 2025 Kabupaten Tabanan ini dihadiri sejumlah undangan penting. Sebelum memasuki areal Gedung Kesenian I Ketut Maria, Bupati Sanjaya beserta Ny Rai Wahyuni Sanjaya, Wakil Bupati Edi Wirawan dan istri, Kepala Bappeda Provinsi Bali, hingga Sekda Tabanan Gede Susila beserta istri mendapat sambutan meriah dari ratusan ASN di lingkungan Pemkab Tabanan.

Turut hadir dalam kegiatan itu, Ida Cokorda Anglurah Tabanan, Ketua DPRD Tabanan I Made Dirga beserta istri dan anggota. Jajaran Forkopimda, para Asisten dan jajaran Pimpinan Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Tabanan, Camat dan Perbekel se-Kabupaten Tabanan. Tampak ribuan masyarakat juga antusias ikut berbaur dan menikmati acara yang diselingi dengan berbagai hiburan, suguhan kuliner dan undian doorprize menarik.

Bupati Sanjaya memaparkan tiga tahun kepemimpinannya pembangunan di Tabanan telah dilakukan secara merata. Bahkan tiga tahun kepemimpinannya 73 persen masyarakat Tabanan telah mendukung pemerintahan Jaya-Wira. "Angka 73 persen ini luar biasa dan signifikan. Ini artinya masyarakat Tabanan sudah sangat menggantungkan harapannya kepada saya bersama Pak Wakil," ujar Bupati Sanjaya penuh apresiasi.

Terlebih lagi kata dia, pada saat awal kepemimpinan Jaya-Wira dilanda pandemic Covid-19. Namun hal itu tak menyurutkan semangat untuk terus berbuat membangun Tabanan dengan selalu mengedepankan koordinasi antar instansi stakeholder, aparat desa, hingga adat. "Intinya kita harus kompak, sehingga pembangunan secara merata tetap berjalan. Bahkan pembangunan sudah di atas rata-rata," kata Bupati Sanjaya.

Adapun sejumlah pembangunan yang telah diwujudkan selama kepemimpinan Jaya-Wira, di antaranya berbagai bidang kehidupan, mulai dari bidang pangan, sandang, dan papan, bidang pendidikan dan kesehatan. Jaminan sosial dan ketenagakerjaan, bidang adat, tradisi, seni dan budaya, serta bidang pariwisata yang ditunjang dengan pembangunan di bidang infrastruktur yang tetap memperhatikan keharmonisan dengan alam dan lingkungan.

Kepala Bappeda Provinsi Bali, I Wayan Wiasthana Ika Putra, juga menyampaikan apresiasinya. Dalam rangka penyusunan RKPD Kabupaten Tabanan Tahun 2025, pihaknya mengapresiasi Pemerintah Kabupaten Tabanan di bawah kepemimpinan Bupati Sanjaya dan jajaran yang mampu membangun Kabupaten Tabanan, sehingga capaian Tabanan dalam pembangunan ekonomi rata-rata lebih baik daripada Provinsi Bali di tahun 2020-2023 usai menghadapi pandemi Covid-19.

“Hal ini berkat pondasi sektor pertanian di Tabanan yang masih kuat, sehingga mampu menumpu struktur ekonomi secara keseluruhan. Artinya kebijakan pembangunan ekonomi Tabanan yang dikomandani Pak Bupati sudah sangat tepat,” ujarnya.

Di kesempatan yang sama, Kepala Bappeda Tabanan, I Made Urip Gunawan memaparkan Musrenbangkab dibuat setelah sebelumnya dilakukan musrenbang tingkat desa dan tingkat kecamatan. "Tujuannya untuk membahas dan menyepakati usulan rencana kegiatan pembangunan dengan menghimpun saran dan masukan dari para pemangku kepentingan yang menjadi kegiatan prioritas pembangunan untuk menyempurnakan rencana kerja pembangunan di Kabupaten Tabanan," jelasnya.

Dalam paparannya Urip Gunawan menunjukkan capaian makro Kabupaten Tabanan di Tahun 2020-2023 yang mengalami kenaikan laju pertumbuhan ekonomi, penurunan angka pengangguran terbuka, penurunan persentase kemiskinan dan peningkatan Indeks Pembangunan Manusia. Capaian yang sudah diwujudkan ini, diharapkannya menjadi modal di tahun 2025 untuk menjawab tantangan pembangunan ke depan dengan tema ‘Pengembangan daya saing regional dan internasional produk unggulan daerah’ yang diharapkan juga dapat menjawab permasalahan dan isu strategis dalam 5 bidang prioritas di Kabupaten Tabanan. @ des

Komentar