nusabali

2 Paskibraka Rayakan Kelahiran Pancasila di Istana Merdeka

  • www.nusabali.com-2-paskibraka-rayakan-kelahiran-pancasila-di-istana-merdeka

AMLAPURA, NusaBali - Sepasang Paskibraka Tingkat Pusat tahun 2022 asal Karangasem, akan tampil di Istana Merdeka Jakarta. Mereka akan tampil menjadi pengibar Bendera Merah Purih, untuk merayakan hari lahir Pancasila, Senin (1/6).

Mereka adalah siswa kelas XI IPS 2 SMAN 2 Amlapura I Kadek Kemala Permana Putra. Satinya lagi, siswi kelas XI TKJ (Teknik Komputer Jaringan) 1 SMKN Manggis Ni Ketut Pande Suastini. Sebelumnya, dua pelajar ini mewakili Bali mengibarkan Bendera Pusaka saat puncak HUT ke-77 Kemerdekaan RI.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Karangasem I Wayan Sutapa memaparkan itu di ruang kerjanya, di Amlapura, Senin (22/5). Kata dia, 68 anggota Paskibraka Tingkat Pusat tahun 2022 kembali dapat panggilan dari Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Deputi Bidang Pengendalian dan Evaluasi. Pemanggilan melalui surat Nomor : 1829/PE/05/2023/D5 per 15 Mei 2023.

Sutapa memaparkan, sesuai surat itu, sepasang Paskibraka tersebut berangkat ke Jakarta, Selasa (23/5) ini. Mereka akan menjalani pelatihan beberapa hari, kemudian bertugas mengibarkan bendera saat puncak Hari Lahir Pancasila, Kamis (1/6), dan kembali Sabtu (3/6). "Segala biaya, BPIP yang menanggung," jelas Sutapa.

Sebelumnya, Permana Putra dan Pande Suastini ke Istana Merdeka saat puncak peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan RI. Saat dihubungi, Permana Putra mengaku belum mengetahui tempat acaranya di Jakarta nanti. "Saya diundang ke Jakarta untuk menjalani latihan mengibarkan bendera saat puncak peringatan Hari Lahir Pancasila. Tapi, tempat upacaranya, saya belum tahu," jelas putra sulung dari tiga bersaudara dari keluarga I Wayan Musti dan Ni Kadek Suasti, tinggal di Jalan Ahmad Yani, Amlapura ini.

Kasek SMAN 2 Amlapura I Wayan Puja Astawa membenarkan siswanya kembali dapat kepercayaan sebagai pengibar bendera untuk peringatan Hari Lahir Pancasila, di Istana Merdeka, Jakarta.7k16

Komentar