nusabali

Ayu Sriartha tentang Sukses Tim Basket Putri, Kebersamaan Jadi Kunci Rebut Emas

  • www.nusabali.com-ayu-sriartha-tentang-sukses-tim-basket-putri-kebersamaan-jadi-kunci-rebut-emas

JAKARTA, NusaBali - Pebasket putri Indonesia asal Bali, Dewa Ayu Made Sriartha Kusuma Dewi mengatakan, faktor kebersamaan jadi kunci sukses keberhasilan tim basket putri meraih medali emas pertama kalinya,  di SEA Games 2023 Kamboja.

Menurut Ayu Sriartha seluruh pemain dan pelatih sama-sama mempunyai satu visi dan misi sama mencapai target.

“Ya puji Tuhannya karena kebersamaan tim sih. Karena ya kita punya visi dan misi, sama-sama kuat mencapai target yang kita inginkan ya karena itu kita sama-sama saling mengingatkan, sama-sama saling menguatkan, jadi energinya sangat positif untuk mencapai target yang kita inginkan,” kata Ayu Sriatha, di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Rabu (17/5).

Tim basket putri mempunyai jumlah skuad 12 permain dan menurtunya tidak mudah menyatukan 12 pemain untuk mengejar satu visi misi yang sama. Namun, hal inilah yang membuat tim basket putri mempunyai kebersamaan atau chemistry yang kuat karena setiap masalah diselesaikan secara bersama-sama.

“Karena kalo di tim 5x5 ini kita punya banyak kepalanya kan, jadi untuk mencapai satu visi dan misi setiap orang tu pasti gak mungkin klop jadi kan, kita melalui banyak masalah juga,” kata pemain 24 tahun itu.

Selaras dengan pendapat Dewa Ayu, mantan manajer basket putri Indonesia di SEA Games 2015 Singapura Augie Fantinus juga setuju dengan pendapat atlet basket putri kelahiran 20 September 1998 tersebut.

 “Kami sudah sembilan bulan bersama bahkan beberapa pemain gak sembilan bulan, malah sudah bertahun-tahun bersama. Pelatih juga masih sama,” kata pria 43 tahun itu.

Indonesia sendiri meraih emas 5x5 basket putri setelah menyapu bersih enam kemenangan dari enam lawannya. Medali emas itu yang pertama diraih tim basket putri setelah meraih perunggu dalam beberapa SEA Game sebelumnya, pada 2019, 2017, 1997, 1989, 1979) dan perak (2021, 2015, 1991.

Mengenai hal itu, secara pribadi Dewa Ayu Sriartha  sangat senang karena medali emas adalah medali impian yang diimpikan diraih.

Dia merasa seneng sekali karena itu juga impiannya dari dulu dan Ayu Sriartha ingin membuktikan medali emas untuk Indonesia.

Lebih lanjut, atas raihan bersejarah ini, Dewa Ayu berharap di ajang dua tahunan se-Asia Tenggara berikutnya dapat mempertahankan prestasi serta di event selanjutnya dapat mempersembahkan medali untuk Indonesia.

“Kalo bisa ini dipertahankan di SEA Games berikutnya terus juga event-event berikutnya FIBA Asia, ASEAN Games ya semoga bisa memberi medali untuk Indonesia,” kata Dewa Ayu Sriartha. ant

Komentar