nusabali

Pemdes Tembok Bentuk Rumah Bertumbuh

  • www.nusabali.com-pemdes-tembok-bentuk-rumah-bertumbuh

SINGARAJA, NusaBali - Pemerintah Desa (Pemdes) Tembok, Kecamatan Tejakula, Buleleng, memberdayakan warganya dengan peningkatan kapasitas melalui wadah 'Rumah Bertumbuh'.

Tempat ini dikelola Pemdes Tembok menjadi ruang belajar bersama untuk menumbuhkan kreativitas warga desa, khususnya kalangan anak muda.

"Rumah Bertumbuh merupakan ruang kreativitas bagi masyarakat segala lapisan mulai dari anak-anak hingga dewasa dalam menyalurkan minat, mengasah bakat dan mengembangkan  potensi yang dimiliki masyarakat Desa Tembok," ungkap Perbekel Desa Tembok, Dewa Made Yudi, Minggu (14/5).

Ia menerangkan, Rumah Bertumbuh dibangun dengan pendekatan holistik dan berbasis sumberdaya yang bersifat inklusif terbuka kepada masyarakat seluruh lapisan usia dan terbuka ruang kerja sama bagi stakeholder. 

"Ada 7 bidang dengan 19 kegiatan di dalam Rumah Bertumbuh, mulai dari bidang seni dan budaya, bidang adat dan agama, bidang teknologi informasi komunikasi, bidang bahasa atau ilmu komunikasi, bidang olahraga, bidang videografi dan bidang lingkungan hidup," ungkap Dewa Yudi.

Rumah Bertumbuh ini dijalankan secara kolaboratif bersama pemerintah, akademisi, dunia usaha, komunitas dan media tanpa menggunakan dana desa dengan pihak ketiga sebagai donatur atau sponsor.  "Inilah keunikan dan pondasi dalam Rumah Bertumbuh konsep pentahelix terejawantahkan dalam kebijakan dan program ini. Akademisi, komunitas, media, dunia usaha kami ajak bekerjasama seperti STAHN Mpu Kuturan yang setiap hari Sabtu dan Minggu mengajar di Rumah Bertumbuh," jelasnya.

Sebanyak 220 peserta saat ini ikut dalam program ini dengan 60 tutor dan narasumber bergabung. "Sumber daya lokal yang konsen di bidangnya dan dosen serta 8 stakeholder terlibat di sini sebagai pengampu Rumah Bertumbuh," tambahnya.

Dewa Yudi berharap Rumah Bertumbuh memberikan dampak nyata terhadap lingkungan,  sosial dan budaya. Mengarahkan masyarakat terhadap aktivitas positif, sebagai ruang belajar interaksi sosial, kesetaraan akses pengembangan diri dan menumbuhkan komunitas kreatif dengan tetap mempertahankan tradisi adat istiadat daerah. 7mzk

Komentar