nusabali

2024, Lolak Pilih Maju DPR RI dari Sulawesi Tengah

Pimpin Pendaftaran Bacaleg Hanura ke KPU Bali

  • www.nusabali.com-2024-lolak-pilih-maju-dpr-ri-dari-sulawesi-tengah

DENPASAR, NusaBali - Pemilu 2024, Ketua DPD Hanura Bali I Kadek 'Lolak' Arimbawa akan terjun lagi memperebutkan kursi di Senayan (DPR RI). Namun kali ini, pelawak Bali ini tak maju dari daerah pemilihan (Dapil) Bali. Dia memutuskan untuk maju sebagai calon anggota legislatif (Caleg) dari Dapil Sulawesi Tengah (Sulteng).

Majunya Lolak dari Dapil Sulteng menurutnya atas rekomendasi atau penugasan dari DPP Partai Hanura. Dia berniat mewakili aspirasi masyarakat Sulteng yang diketahui menjadi salah satu lokasi para transmigran asal Pulau Dewata. Lolak mengaku pasca selesai menjadi anggota DPD RI asal Dapil Bali di 2019 lalu banyak berkecimpung di Sulteng, terutama daerah Morowali Utara untuk mengembangkan bisnisnya. Selama di sana Lolak banyak mendengar aspirasi masyarakat Bali yang tinggal di daerah transmigran. 

Selain beberapa pertimbangan tersebut, Lolak juga tahu bahwa Partai Hanura merupakan salah satu partai yang meraup suara besar di Sulteng. Walikota Palu, ibukota Sulteng, saat ini dijabat Ketua DPD Partai Hanura Sulteng. "Saya secara pribadi ada daerah pemilihan untuk transmigran Bali, pemilihnya itu sekitar 180.000," ujar Lolak kepada awak media seusai proses pendaftaran bakal calon legislatif (Bacaleg) Hanura di Kantor KPU Provinsi Bali Jalan Cok Agung Tresna, Niti Mandala, Denpasar, Jumat (12/5) pagi.

Ia mengaku jika terpilih akan tetap dengan jargon yang selama ini melekat pada dirinya, yaitu selalu terbuka kepada masyarakat dengan segala aktivitasnya sebagai wakil rakyat. "Apa yang saya sampaikan di Bali tahun 2019 tentang transparansi akan saya lakukan di sana," tandas Lolak yang tahun lalu pernak ngayah melawak di Sulteng ini. 


Kemarin Lolak sebagai Ketua DPD Hanura Bali memimpin langsung pendaftaran Bacaleg partainya ke Kantor KPU Provinsi Bali, Jumat kemarin. Rombongan datang sekitar pukul 10.15 Wita. Mantan senator asal Bali ini optimis para calegnya meraup suara maksimal tahun depan. "Sesuai dengan hasil Rapimda kemarin kita target satu fraksi DPRD Provinsi Bali," ujarnya. 

Menurutnya kondisi perekonomian Bali yang belum pulih benar pasca sengatan pandemi Covid-19 membuat para tokoh politik berpikir seribu kali untuk maju dalam pencalegan kali ini. Muka-muka bacaleg yang dilihatnya masih itu-itu saja. Bahkan tokoh milenial yang maju dalam Pemilu kali ini jumlahnya sangat memprihatinkan. 

"Calon milenial saya lihat nggak ada sekarang, yang saya lihat orangnya itu-itu saja mukanya muka-muka lama," sebutnya. Meski mengaku prihatin, seniman lawak Bali ini melihat peluang partainya untuk meraup suara milik tokoh-tokoh masyarakat yang tidak maju ataupun tokoh-tokoh yang loncat ke partai lain. Lolak juga menargetkan bacaleg Hanura dapat meraih lebih dari 30 kursi DPRD di seluruh kabupaten/kota di Bali. 

Untuk bacaleg DPRD Bali, Hanura sejauh ini mendaftarkan 51 bacaleg ke KPU Bali termasuk incumbent I Wayan Arta yang kembali bertarung di Dapil Buleleng. Pada Jumat kemarin KPU Bali memang menjadwalkan Partai Hanura untuk mendaftarkan para bacalegnya. Selain Hanura, partai lainnya yang dijadwalkan, yakni PAN. 7 cr78

Komentar