nusabali

16 Kader AMPI Bali Lolos ke Kursi Dewan

AMPI Akan Menjadi Sumber Pencetakan Kader Partai Golkar

  • www.nusabali.com-16-kader-ampi-bali-lolos-ke-kursi-dewan

DENPASAR, NusaBali - Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI) Bali mencatatkan prestasi di Pemilu 2024. Dari 45 kader AMPI yang bertarung di tingkatan calon DPRD kabupaten/kota, provinsi hingga DPR RI, sebanyak 16 kader lolos ke kursi dewan.

Hal itu dikemukakan Ketua DPD AMPI Bali Agung Bagus Pratiksa Linggih alias Ajus, dalam acara angayubagya (syukuran) untuk kader-kader AMPI usai Pemilu 2024 di Wantilan DPD I Golkar Bali, Jalan Surapati Nomor 9 Denpasar, Minggu (21/4) sore.

Acara dihadiri Ketua Korwil Pemenangan Pemilu Bali, NTB, NTT DPP Partai Golkar, yang juga Ketua Dewan Kehormatan DPD AMPI Bali Gede Sumarjaya Linggih (Demer), para mantan Ketua AMPI Bali seperti Dewa Rai Budiasa, Putu Yuda Suparsana. 

Hadir juga Sekretaris DPD AMPI Bali Dewa Gede Dwi Mahayana Putra Nida, Bendahara AMPI Bali Made Tomy Martana Putra, Ketua DPD II Golkar Badung juga Ketua DPD MKGR (Musyawarah Kekeluargaan Gotong Royong) Bali Wayan Suyasa, Ketua DPD AMPI Badung Putu Sika Adiputra dan sejumlah kader AMPI Bali kabupaten/kota.

Ajus mengatakan acara angayubagya merupakan apresiasi DPD AMPI Bali terhadap kader-kader yang telah kerja keras dalam tarung Pemilu 2024. “Ada 45 kader AMPI Bali yang maju di Pemilu 2024. Sebanyak 16 kader (35,44 persen) berhasil lolos ke kursi legislatif,” ucap Ajus.

Dia menyebutkan tarung pemilu sangat berat. Ajus mengenang perjuangan semua kader termasuk dirinya dan ayahandanya, Demer. “Ayah saya (Demer) dua pekan setelah pemilu masih galau juga. Jadi apa tidak ya. Padahal sudah 4 kali tarung dan jadi DPR RI, masih galau. Bayangkan beratnya bertarung jadi caleg,” kenang Ajus.

Ajus yang alumni SMA Taruna Nusantara Magelang, memuji banyak kader AMPI Bali akhirnya berhasil lolos. Seperti Tomy Martana yang sukses naik ke kursi Dewan Badung dengan mengalahkan incumbent sesama kader Golkar di Dapil Kuta Selatan, Ni Ketut Suweni. Tomy Martana yang menyandang status new comer meraih 3.525 suara. Kader AMPI lainnya ada Ketua DPD AMPI Badung Putu Sika Adiputra yang notabene putra Ketua Golkar Badung Wayan Suyasa, juga lolos sebagai new comer ke kursi DPRD Badung dari Dapil Mengwi.

Sementara Ajus sendiri lolos ke DPRD Bali dari Dapil Buleleng. Dia lolos bersama incumbent sekaligus sang paman yang juga Ketua DPD II Golkar Buleleng Ida Gede Komang Kresnabudi. 

Di hadapan kader AMPI, Ajus apresiasi juga terhadap kader-kader yang berani maju di Pileg walaupun tidak semua berhasil. “Termasuk Ketua DPD I Golkar Bali Pak Nyoman Sugawa Korry yang memberanikan diri maju DPR RI. Kalau Pak Sugawa nggak maju, nggak ada regenerasi di Golkar. Saya juga nggak bisa jadi anggota DPRD Bali Dapil Buleleng,” kata Ajus.

Ketika sudah berhasil, Ajus juga mengingatkan kader AMPI jangan jumawa. “Kalau sudah jadi jangan sombong-sombong. Ke depan mudah -mudahan Golkar berjaya dan AMPI semakin solid menjadi sumber pencetakan kader Partai Golkar,” tegasnya.

Sementara Wakil Ketua DPD I Golkar Bali Bidang Organisasi Kaderisasi dan Keanggotaan Dewa Made Suamba Negara mewakili Ketua DPD I Golkar Bali Nyoman Sugawa Korry, mengatakan kader- kader AMPI yang belum berhasil lolos di Pemilu 2024 perlu belajar banyak kepada Demer dan Ajus. “Apa ilmunya, harus tanya ke beliau langsung,” ujar Suamba Negara.

Suamba Negara mengatakan, semua kader AMPI yang bertarung adalah di dapil yang sama-sama dapil neraka. “Bali adalah dapil neraka. Nggak ada yang dapil tidak neraka,” ucap mantan anggota DPRD Bali periode 2004-2009 ini.

“Melihat banyaknya kader AMPI yang lolos, kita sekurang kurangnya sudah punya calon pemimpin Golkar ke depan. Apalagi ada Bung Demer dan Ajus di sini, AMPI lebih bagus ke depan,” tandas Suamba Negara.

Suamba Negara menekankan AMPI adalah organisasi yang paling banyak melahirkan regenerasi di Golkar. “Matrik sudah dibuat, kader AMPI paling banyak sukses sebagai anggota dewan dan membuat eksis Golkar sebagai partai tangguh,” kata Suamba Negara. 7 nat

Komentar