nusabali

Indonesia di Grup D Gabung Jepang, Irak, dan Vietnam

  • www.nusabali.com-indonesia-di-grup-d-gabung-jepang-irak-dan-vietnam

DOHA, NusaBali - Timnas Indonesia senior berada di Grup D, bersama Jepang, Irak, dan Vietnam. Demikian hasil drawing babak penyisihan Piala Asia 2023 Qatar yang digelar Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC), di Katara Opera House, Doha, Qatar, Kamis (11/5) petang WITA.

Indonesia masuk pot 4 bersama India, Tajikistan, Thailand, Malaysia, dan Hongkong. Di pot 1 ada Qatar selaku tuan rumah, Jepang, Iran, Korea Selatan, Australia, dan Arab Saudi.

Presiden AFC, Salman bin Ibrahim Al Khalifa dan Presiden FIFA Gianni Infantino turut hadir dalam acara drawing tersebut. Ketum PSSI Erick Thohir dan pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong pun turut datang.

Para legenda sepakbola Asia turut hadir untuk lakukan pengundian. Beberapa di antaranya adalah legenda Korsel Park Ji-sung, legenda Australia Tim Cahill, dan Server Djeparov selaku legenda sepakbola Uzbekistan.


Undian Piala Asia 2023 membagi 24 peserta ke enam grup. Masing-masing grup diisi empat negara, termasuk Indonesia yang masuk Grup D. Sebagai tuan rumah, Qatar menempati Grup A dan satu grup dengan China, Tajikistan, dan Lebanon.

Pot 4 yang pertama dikocok, nama Indonesia keluar keempat. Indonesia selanjutnya menempati Grup D. Kemudian pot 3, pot 2, dan pot 1 dikocok. Indonesia segrup dengan Vietnam, Irak,dan Jepang!

Setiap juara, runner-up grup, plus empat peringkat ketiga terbaik berhak lolos ke babak perdelapan final Piala Asia 2023. Piala Asia 2023 akan digelar di delapan stadion di lima kota pada pada 12 Januari-10 Februari 2024.

Piala Asia 2023 terpaksa digelar tahun depan akibat mundurnya China sebagai penyelenggara yang awalnya akan bergulir pada 16 Juni-16 Juli 2023.

Bagi Indonesia, partisipasi di Piala Asia 2023 menjadi yang pertama sejak 16 tahun terakhir. Sebelumnya, Skuad Garuda itu berkiprah pada edisi 2007 dengan status tuan rumah. *

Komentar