nusabali

Kolaborasi Tiga Barungan Gong Kebyar, Duta Denpasar Siap Laga di PKB XLV

Walikota: Terus Berlatih Optimal, Sajikan Penampilan Terbaik

  • www.nusabali.com-kolaborasi-tiga-barungan-gong-kebyar-duta-denpasar-siap-laga-di-pkb-xlv

DENPASAR, NusaBali - Parade gong kebyar hingga saat ini masih menjadi salah satu penampilan yang paling dinanti penonton dan penikmat Pesta Kesenian Bali (PKB). 

Karenanya, guna memantapkan penampilan, tiga sekaa gong kebyar yang akan menjadi duta Kota Denpasar pada Utsawa (Parade) Gong Kebyar Pesta Kesenian Bali (PKB) XLV Tahun 2023 mengikuti pembinaan dari Tim Kesenian Provinsi Bali, di Wantilan Sewaka Prema, Desa Adat Renon, Denpasar Selatan, Minggu (7/5). 

Tiga barungan gong kebyar yakni Sekaa Gong Kebyar Dewasa Asta Gurnita Sandi, Desa Dangin Puri Kaja, Sekaa Gong Kebyar Anak-anak Kencana Wiguna, Banjar Kehen, Desa Kesiman Petilan, dan Sekaa Gong Wanita Wahana Swara Githa WHDI Kota Denpasar akan berkolaborasi untuk tampil bersama. 

Pembinaan tiga duta Gong Kebyar Duta Kota Denpasar ini dihadiri Walikota I Gusti Ngurah Jaya Negara, Wakil Walikota I Kadek Agus Arya Wibawa, dan Sekda Denpasar Ida Bagus Alit Wiradana. Hadir pula Tim Kesenian Provinsi Bali dan Tim Kesenian Kota Denpasar. 

Walikota Jaya Negara didampingi Wawali Arya Wibawa memberikan apresiasi atas berbagai persiapan yang dilaksanakan duta Kota Denpasar, khususnya tiga sekaa gong kebyar.  

“Kita saksikan penampilannya sudah maksimal. Kami berharap seluruh duta kesenian Kota Denpasar yang akan berlaga di PKB, termasuk tiga sekaa gong kebyar ini dapat terus berlatih maksimal dan tentunya menjaga penjiwaan, emosi, serta konsistensi penampilan, sehingga saat pentas nanti dapat memberikan hasil yang maksimal,” ujar Walikota Jaya Negara. 

Walikota Jaya Negara menekankan, catatan penting selama pembinaan agar ditindaklanjuti sebaik mungkin. Sehingga saat tampil nanti sesuai dengan pakem, uger-uger serta pembawaan seni itu sendiri.

“Jadi masukan-masukan yang diberikan oleh tim pembina agar ditindaklanjuti untuk maksimalnya penampilan nanti. Selamat berlatih. Semangat Denpasar, berikan hasil yang terbaik dan maksimal, serta tetap jaga kesehatan,” tegas Walikota Jaya Negara.

Kadisbud Kota Denpasar Raka Purwantara mengatakan, sajian Gong Kebyar Kota Denpasar tahun ini secara umum memiliki kesamaan dengan tahun sebelumnya. 

Adapun materi yang akan dibawakan yakni Sekaa Gong Kebyar Dewasa Asta Gurnita Sandi, Desa Dangin Puri Kaja akan membawakan Tabuh Dua Lelambatan Kreasi Pusering Ding Ro dan Tari Kreasi Kali Mawungu. Selanjutnya Sekaa Gong Kebyar Anak-anak Kencana Wiguna, Banjar Kehen, Desa Kesiman Petilan akan membawakan Tabuh Kreasi Anyingar Cingar dan Tari Kreasi Ngaro. Gong Wanita Wahana Swara Githa, WHDI Kota Denpasar akan membawakan Tabuh Kreasi Paksi Ngelayang dan Tari Pelegongan Kembang Ura. Sedangkan Fragmentari Kalango Prabaneka Sandi akan dibawakan bersama-sama secara kolaborasi oleh ketiga gong kebyar tersebut. 

“Tiga barungan gong kebyar tampil dalam satu panggung, membawakan Fragmentari Kalango Prabaneka Sandi sebagai penampilan puncak. Semangat, berikan yang terbaik,” ucap Raka Purwantara. 7 bin

Komentar