nusabali

Napoli Raih Scudetto Usai Menanti 33 Tahun

  • www.nusabali.com-napoli-raih-scudetto-usai-menanti-33-tahun

UDINE, NusaBali - Kapten Napoli Giovanni di Lorenzo bangga atas pencapaian timnya yang meraih gelar juara Serie A atau scudetto musim 2022-2023 setelah menunggu selama 33 tahun.

Di Lorenzo sendiri juga menyamai pencapaian kapten tim legendaris Napoli, Diego Maradona.

"Kami bangga membawa kebahagiaan ini kembali ke Kota Napoli. Para penggemar telah menularkan cinta dan semangat untuk seragam ini kepada kami setiap hari," kata Giovanni di Lorenzo di laman resmi klub, Jumat (5/5).

Napoli yang mengoleksi 80 poin dipastikan meraih gelar juara setelah secara sistematis dengan sisa lima laga, perolehan poin mereka tidak dapat dikejar oleh Lazio yang di peringkat kedua dengan 64 poin.

Dalam lanjutan Serie A Liga Italia pekan ke-33, Napoli memastikan gelar juara meski bermain imbang 1-1 dengan tuan rumah Udinese di Stadion Dacia Arena, Udine, Italia, Jumat (5/5) dinihari WITA.

"Ini gelar Scudetto yang layak, 33 tahun tanpa gelar juara itu terlalu lama untuk kota ini," kata Di Lorenzo.

Sedangkan penyerang andalan Napoli Victor Osimhen mengungkapkan, meraih gelar juara menjadi momen yang tidak akan pernah terlupakan dalam hidupnya. Osimhen sendiri kini menjadi pencetak gol terbanyak sementara Serie A dengan 22 gol.

Pelatih Napoli Luciano Spalleti pun dengan bangga mengatakan, dirinya 
datang ke Napoli untuk memenangkan Scudetto. Setelah serangkaian pelatihan dan fasilitas hebat yang dimiliki Napoli, dia hanya memiliki satu tujuan yaitu kemenangan.

Dalam laga itu, Napoli kesulitan menghadapi serangan Udinese di awal babak pertama. Tendangan Sandi Lovric gagal dijangkau kiper Napoli Alex Meret dan membuat skor 1-0 untuk keunggulan tuan rumah pada menit ke-15. Napoli yang tampil dominan terus menekan hingga akhirya Osimhen menjebol gawang Udinese di menit ke-52.

"Melihat semua fans merayakannya adalah emosi yang tak terlukiskan. Saya merasakan semangat mereka, cinta mereka, dan juga tanggung jawab dengan menyandang baju spesial ini di kulit dan bahu," ungkap pelatih berkebangsaan Italia itu.

Spaletti menilai timnya melakukan perjalanan luar biasa dan mengatasi masa-masa sulit. Kini dia merasa lebih santai setelah berhasil menulis halaman sejarah untuk kota Napoli. Bagi Spalleti gelar scudetto itu untuk pertama kalinya selama berkarir sebagai pelatih.

Dengan sisa lima laga, Napoli yang kini punya 80 poin secara matematis tidak dikejar oleh Lazio di peringkat kedua dengan 64 poin. Napoli menunggu 33 tahun untuk meraih kembali Scudetto setelah terakhir kali pada 1990 juara bersama sang legenda Diego Maradona. Dengan Scudetto musim 2022-2023, Napoli mengoleksi tiga gelar usai juara pada 1989 dan 1990, atau dua musim beruntun. ant

Komentar