nusabali

Mina Eduwisata BBI Bolangan Sasar Pelajar

  • www.nusabali.com-mina-eduwisata-bbi-bolangan-sasar-pelajar

TABANAN, NusaBali - Puluhan siswa SDN 1 Babahan, Kecamatan Penebel, Tabanan mengikuti program Mina Eduwisata di Balai Benih Ikan (BBI) UPTD Bolangan di Desa Babahan, Kecamatan Penebel, Kamis (27/4). Program dari Dinas Perikanan dan Kelautan ini sangat antusias diikuti siswa. 

Dalam program Mina Eduwisata siswa diajak untuk mengenal beragam jenis ikan mulai dari ikan nila, lele, dan karper yakni potensi ikan di Tabanan. 

Setelah itu, kegiatan dirangkai dengan gemar makan ikan sebagai upaya dari pemerintah menekan angka stunting di Tabanan.

Sekretaris Dinas Perikanan Kabupaten Tabanan, I Kade Artina mengatakan siswa yang diundang ini adalah siswa kelas 3 sampai Kelas 6. Mereka pun sangat antusias mengamati dan mendengarkan penjelasan tentang ikan yang ada di UPTD Bolangan. "Ini baru awal program, nanti targetnya menyasar 85 persen siswa yang ada di Desa Babahan," ujarnya. 

Disebutkan program Mina Eduwisata juga nanti akan menyasar siswa SMA. Sebab ada sejumlah sekolah sudah mengajukan untuk mengikuti program Mina Eduwisata karena berkaitan dengan pelajaran Biologi. "Bagi yang ingin ikut program Mina Eduwisata ini gratis tidak dipungut biaya hanya berkoordinasi saja lebih awal," tegas Artina. 

Sementara itu Balai Benih Ikan (BBI) Unit Bolangan yang berada di Desa Babahan, Kecamatan Penebel memiliki luas sekitar 1,215 hektare. Dari luasan itu dibangun kolam sebanyak 15 petakan. Per petak ikan yang bisa ditampung mencapai 1.000 ekor berbagai jenis. Mulai dari ikan nila, lele, dan karper. 7des

Komentar