nusabali

Kejuaraan Muaythai Bupati Cup Klungkung II : Pakai Aturan Baru, Tanpa Pelindung Bodi

  • www.nusabali.com-kejuaraan-muaythai-bupati-cup-klungkung-ii-pakai-aturan-baru-tanpa-pelindung-bodi

SEMARAPURA, NusaBali - Kejuaraan Muaythai Bupati Cup Klungkung II serangkaian HUT Puputan Klungkung dan HUT Kota Semarapura yang akan digulirkan pada Kamis (27-/4) - Minggu (30/4) April 2023 di GOR Swecapura Klungkung bakal menggunakan peraturan terbaru.

Atlet yang bertarung dipastikan tanpa menggunakan atlet pelindung bodi. "Ini aturan terbaru dari atas kita langsung terapkan, bahwa atlet yang bertanding itu tanpa pelindung bodi," ucap Panitia Kejuaraan Iwan Setiawan, Senin (24/4). 

Menurut Iwan Setiawan yang juga mantan atlet taekwondo itu, aturan terbaru khusus dikategori senior memang sudah tidak diperkenankan lagi menggunakan pelindung bodi. Tanpa pelindung bodi ini khusus untuk petarung putra, sedangkan untuk putri masih tetap memakai pelindung seperti alat yang dipasang pada payudara. Sementara alat pelindung lainnya memang tidak diperbolehkan lagi digunakan. 

"Ketentuan ini sudah pernah diterapkan saat seleknas Tim SEA Games oleh PB Muaythai, jadi secara perlahan kita ikuti aturan terbaru itu tanpa menggunakan pelindung bodi," tegas Iwan Setiawan. Iwan yang juga pelatih muaythai itu mengakui tidak ada hambatan terkait regulasi yang baru itu. 

Pihaknya selaku panitia siap untuk melaksanakan di lapangan. Sehingga momen ini juga bagus dipakai ajang sosialiasi aturan terbaru, sekaligus menguji petarung Pra PON yang akan tampil mewakili Bali di pentas nasional nanti dengan menggunakan standar aturan terbaru. 

"Dari sisi standar saya jamin lebih baik dari kekuatan tahun lalu, karena kita memakai standar pertandingan nasional. Baik soal keselamatan dan ketentuan lainnya agar lebih siap dengan regulasi yang ada saat babak kualifikasi PON nanti," terang Iwan Setiawan. Iwan Setiawan menambahkan untuk peserta memang mengalami penurunan hanya diikuti 125 atlet dari awalnya tahun sebelumnya lebih dari 200 atlet yang ambil bagian. 

Kata dia, semua itu karena pertimbangan faktor hari raya Idul Fitri sehingga banyak daerah lainnya menunda ikut kejuaraan tersebut. "Yang jelas ada 2 daerah luar masih konsisten menyatakan ambil bagian yakni Kota Bekasi dan NTB, sedangkan untuk lokal Bali dominan full tim, dan banyak menurunkan atlet Pra PON dipakai sebagai ajang ujicoba," tandas Iwan Setiawan. Selain itu untuk jumlah pertandingan nanti sebanyak 76 pertandingan, dan ada khusus kelas member wisatawan yakni peserta sudah ada mendaftar sebanyak 2 orang. 

Ketum Pengkab MI Klungkung, I Komang Suprapta menambahkan kejuaraan Bupati Cup II mempertandingkan beberapa kategori yang yakni remaja 10-11 tahun, remaja 12-13 tahun, remaja kadet 14-15 tahun, remaja junior 16-17 tahun, dan senior 17-31. 7 dek

Komentar