nusabali

Album 'Bertumbuh Bersama', Lukisan Perjalanan Hidup Nosstress

  • www.nusabali.com-album-bertumbuh-bersama-lukisan-perjalanan-hidup-nosstress

Berbicara proses kreatif tergolong menarik, materi album ini digarap di tengah situasi istri Guna Warna dan istri Man Angga sama-sama mengandung. 

DENPASAR, NusaBali 
Duo folk asal Denpasar, Nosstress, merilis album kelima bertajuk 'Bertumbuh Bersama' di kanal musik digital, Minggu (23/4). Album ini laiknya lukisan, menggambarkan ragam fase perjalanan hidup dua personelnya Guna Warma dan Man Angga sedari bocah, lalu bersama membangun Nosstress. 

Tahun ini, Nosstress telah menginjak usia 15 tahun, rentang waktu yang panjang bagi keduanya serta orang-orang sekitaran saling belajar dan bertumbuh bersama. Bagi Guna Warma dan Man Angga, Nosstress tidak hanya sekadar kelompok musik namun lebih dari itu, Nosstress adalah keluarga besar.

"Judul album terbaru ini 'Bertumbuh Bersama'. Diambil dari judul lagu yang juga terdapat di dalam album. Saya dan Guna Warma menyepakati judul tersebut, karena lagu itu merupakan gambaran dari kehidupan kami," ungkap Man Angga. 

Album 'Bertumbuh Bersama' berisikan 12 nomor. Salah satu single dengan judul sama terlebih dahulu dirilis pada 6 Maret 2023. Setiap lagu dalam album mempunyai kisahnya sendiri, mengangkat hal-hal sederhana yang kerap terlewat. Ini menilik album-album sebelumnya yang bersumber dari sekitaran. Apa yang mereka lihat, alami, dan rasakan. 

"Sedari dulu, kami menerjemahkan apapun hal yang benar-benar kami lihat dan alami menjadi tulisan, kemudian menjadi lagu. Pula di album ini, kami menceritakan hal yang kami lihat, alami dan lalui," tutur Man Angga. Nosstress pun membebaskan para pendengar menginterpretasikan, membuka ruang diskusi membedah setiap lagu. 

Berbicara proses kreatif tergolong menarik, materi album ini digarap di tengah situasi istri Guna Warna dan istri Man Angga sama-sama mengandung. Rentang Desember 2022 hingga Februari 2023, Nosstress pun memilih rehat sejenak dari panggung offline. Menemani persalinan istri masing-masing sembari merampungkan album. Kini keluarga besar Nosstress bertambah dengan hadirnya putra pertama Guna Warma dan putri kedua dari Man Angga. 

"Seluruh pengerjaan album dikerjakan di studio kami, Taman Bermain Nosstress. Saya dan Man Angga masing-masing menciptakan 6 lagu. Ada Fendy Rizk, Noriz Kiki dan Gede Yudis yang membantu proses pengerjaan, baik secara ide maupun eksekusi," terang Guna Warma. Man Angga sendiri bertindak selaku produser untuk 10 lagu, dan 2 lagu lainnya diproduseri oleh Fendy Rizk. 

Setelah album 'Bertumbuh Bersama' dirilis, band yang dibentuk tahun 2008 ini bersiap melepas video musik. "Ada beberapa video musik yang akan menyusul. Satu persatu akan kami rilis sembari mengerjakan video live untuk semua lagu di dalam album terbaru," jelas Man Angga. 

"Untuk saat ini, kami hanya terpikir untuk merilis album ini secara digital. Namun tak menutup kemungkinan rilisan fisik akan hadir. Namun mungkin rilisan yang amat sangat terbatas," tutupnya. 7 cr78

Komentar