nusabali

Gandeng Lima Penyanyi Muda Bali, Saka Pro Rilis Album Sakaswara 2023

  • www.nusabali.com-gandeng-lima-penyanyi-muda-bali-saka-pro-rilis-album-sakaswara-2023

Ketua Pramusti Bali salut dengan usaha dari Saka Pro yang secara rutin bisa merilis album bagi penyanyi anak-anak APBD maupun penyanyi remaja Sakaswara.

DENPASAR, NusaBali 
Saka Pro dengan menggandeng lima penyanyi remaja Bali berbakat merilis album Sakaswara 2023, Sabtu (20/5) yang bertepatan dengan rahina Saraswati. Album ini jadi media kelima penyanyi untuk lebih mengepakkan sayap dalam industri musik Bali. 

Ketua Pramusti Bali I Gusti Ngurah Murthana atau akrab disapa Rahman meresmikan langsung peluncuran album tersebut. 

Dalam acara yang berlangsung di Happy Puppy Gatsu Denpasar, kelima penyanyi juga membawakan lagu mereka masing-masing. Adapun kelima penyanyi yakni Dayu Mas (judul lagu Ngulati Tresna Sujati), Nadila Putri (Feeling), Indira Sahanjana (Diary), Gek Grace (Awalne Metimpal Jani Metunangan), dan Gek Ica (Ngulgul Hati). 

Album Sakaswara 2023 berisi lima buah lagu berbahasa Bali yang diciptakan pemilik Saka Pro Ida Bagus Surya Kastawa alias Gus Saka. Gus Saka mengatakan, artis-artis remaja Sakaswara 2023 merupakan generasi kedua penyanyi Sakaswara yang diorbitkan Saka Pro. 

"Sebagian besar mereka sudah sering mengikuti ajang lomba, saya coba ajak lebih komersil karena mereka juga memiliki kualitas vokal yang baik," ujar Gus Saka. 

Sebelumnya pada tahun 2021, pria yang juga dikenal sebagai penyanyi, juga telah mengeluarkan album Sakaswara 2021 dengan menggandeng tujuh penyanyi remaja. 

Foto: Ketua Pramusti Bali, Rahman (kiri) bersama Gus Saka. -IST

Dikatakan, peluncuran Sakaswara berikutnya yang kali ini menggandeng lima penyanyi rencananya dilakukan pada 2022, namun karena terkendala kesibukan para talenta muda Bali peluncurannya baru bisa dilaksanakan tahun ini. 

Kelima lagu yang diciptakan Gus Saka berusaha mengangkat kehidupan remaja. Tidak jauh dari kehidupan remaja yang baru mengenal asmara. Gus Saka juga berdiskusi dengan masing-masing penyanyi untuk menyesuaikan dengan karakter vokal mereka. "Temanya lagu-lagu Bali remaja," sebutnya. 

Gus Saka mengungkapkan, untuk mengarahkan para penyanyi muda yang biasa tampil dalam festival lomba adalah hal yang cukup menantang. Ia berharap melalui album Sakaswara 2023 ini, menjadi jalan buat kelima penyanyi melangkah lebih jauh dalam industri musik khususnya di Bali. 
Gus Saka menggandeng arranger kawakan Bali Dek Artha untuk mengaransemen lagu-lagu Sakaswara 2023. Sementara seluruh video klip lagu digarap Dodik. 

Video klip masing-masing penyanyi bisa dilihat pada akun YouTube masing-masing penyanyi. Selain itu, lagu-lagu mereka juga bisa dinikmati melalui berbagai platform musik digital. "Semoga lagu-lagunya bisa diterima masyarakat," harap Gus Saka. 

Sementara itu, Ketua Pramusti Bali, Rahman mengatakan salut dengan usaha dari Saka Pro yang secara rutin bisa merilis album bagi penyanyi anak-anak APBD maupun penyanyi remaja Sakaswara. "Semoga karya-karya dari Gussaka dapat diterima masyarakat luas," harap Rahman.

Rahman juga berterimakasih kepada para orangtua penyanyi yang telah memberikan putri-putrinya membawakan lagu pop berbahasa Bali sebagai wujud kepeduliannya dalam pelestarian bahasa Bali di tengah arus globalisasi. "Para insan seni mari kita bersatu melestarikan seni budaya menuju ajeg Bali sesuai dengan visi dari Pramusti Bali," ajak Rahman yang sudah puluhan tahun 'ngayah' sebagai ketua organisasi yang menaungi insan seni dan musisi Bali, ini. 7 cr78

Komentar