nusabali

Libur Lebaran, Wisatawan Domestik Sangeh Monkey Forest Bertambah

  • www.nusabali.com-libur-lebaran-wisatawan-domestik-sangeh-monkey-forest-bertambah

MANGUPURA, NusaBali.com - Cuti lebaran sedikit banyak mempengaruhi jumlah kunjungan wisatawan di destinasi wisata. Seperti halnya di Sangeh Monkey Forest, Desa Sangeh, Kecamatan Abiansemal, Badung.

Pada hari-hari biasa, destinasi wisata lawas di Badung bahkan di Pulau Dewata ini hanya mengandalkan wisatawan asing. Pasca pandemi Covid-19, kunjungan harian di Sangeh Monkey Forest rata-rata paling sedikit 100 orang.

I Made Mohon, 56, Manajer Daya Tarik Wisata Sangeh Monkey Forest menyebut angka kunjungan itu didominasi wisatawan asing. Sementara kunjungan wisatawan domestik sangat langka atau sepi pada hari-hari biasa.

"Kunjungan harian pada hari-hari biasa rata-rata 100 (orang) ke atas. Kebanyakan memang yang berkunjung wisatawan mancanegara, untuk (wisatawan) domestik sangat sepi," jelas Mohon ketika dihubungi pada Minggu (23/4/2023) siang.

Akan tetapi, sehari pasca lebaran ini terpantau kunjungan wisatawan ke hutan pala ini lumayan meningkat. Berdasarkan pantauan lapangan di Sangeh Monkey Forest, kebanyakan pengunjung adalah wisatawan domestik.

Foto: Pengunjung tengah menikmati eksotisme Sangeh Monkey Forest. -NGURAH RATNADI

Hingga Minggu siang sekitar pukul 12.55 Wita, jumlah kunjungan yang tercatat di loket tiket masuk sudah lebih dari 300 orang. Angka ini diprediksi menjadi dua kali lipat hingga Sangeh Monkey Forest ditutup nanti saat petang.

Berdasarkan keterangan petugas tiket di lapangan, penyumbang angka kunjungan terbanyak dalam satu tahun bukanlah momen libur nasional. Periode libur lokal justru memberikan dampak lebih signifikan, misalnya Hari Raya Galungan dan Kuningan.

Pada hari raya yang datang setiap 210 hari sekali itu, kunjungan di Sangeh Monkey Forest disebut mencapai lebih dari 2.000 orang. Lantaran, hutan pala yang dihuni monyet ekor panjang ini merupakan destinasi liburan legendaris di Kecamatan Abiansemal dan sepaket dengan Taman Tirta Mumbul, Desa Sangeh.

"Hari libur nasional biasanya endukan (tidak signifikan) daripada libur Galungan dan Kuningan," ujar seorang petugas tiket Sangeh Monkey Forest.

Kata Mohon, harga tiket masuk ke Sangeh Monkey Forest selama cuti lebaran ini tetap sama. Untuk wisatawan asing dewasa dikenakan tiket masuk sebesar Rp 30.000 sedangkan untuk anak-anak dikenakan setengahnya yakni Rp 15.000.

Sementara untuk wisatawan domestik dewasa dikenakan tiket masuk sebesar Rp 15.000. Wisatawan domestik kalangan anak-anak hanya dikenakan tiket masuk senilai Rp 5.000. *rat

Komentar