nusabali

Erick Imbau Orang Kaya Mudik Naik Pesawat

  • www.nusabali.com-erick-imbau-orang-kaya-mudik-naik-pesawat

Moment Lebaran penambahan extra flight AP I mencapai 11 maskapai pada 7 bandara

JAKARTA, NusaBali
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mendorong masyarakat untuk mudik menggunakan kereta dan pesawat agar tidak terjebak kemacetan dan bisa tiba di daerah tujuan tepat waktu.

Menurutnya, perjalanan mudik dengan kereta dan penerbangan juga sangat nyaman, serta lebih hemat dibandingkan membeli bensin untuk kendaraan pribadi. Hal ini ia ungkapkan melihat data pemudik yang banyak menggunakan kendaraan pribadi untuk pulang kampung."Dengan kereta api dan penerbangan kan tidak perlu macet, bisa tepat waktu. Tentu kalau kereta api kan harga kompetitif dibandingkan bensinnya (kendaraan pribadi), tetapi untuk kalangan yang mampu lainnya bisa naik pesawat. Pesawat pun saya rasa nyaman," katanya di Gedung Bina Graha, Kantor Staf Presiden, seperti dilansir CNNIndonesia.com, Senin (10/4).

Jumlah pemudik yang menggunakan pesawat terbang memang diperkirakan melonjak pada musim mudik Lebaran tahun ini dibanding tahun sebelumnya. Bahkan sudah menyamai level ketika sebelum pandemi.

Direktur Utama Angkasa I Faik Fahmi memperkirakan jumlah penumpang pada 15 bandara yang dikelola mencapai 3,3 juta orang.

"Diproyeksikan selama mudik akan terjadi lonjakan. Dan kita punya skenario moderat, optimis dan pesimis. Di skenario moderat itu mencapai 3,3 juta penumpang," katanya.

Selain itu penambahan extra flight yang pada bandara Angkasa Pura (AP) I mencapai 11 maskapai pada 7 bandara, sehingga menambah 1.155 penerbangan atau setara 207.900 tempat duduk di luar yang sudah terjadwal reguler.

Direktur Utama Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin memprediksi traffic pesawat pada H-10 sampai dengan H+10 mencapai 36 ribu pergerakan pesawat. Angka itu naik 11 persen dari tahun sebelumnya dengan jumlah penumpang diperkirakan mencapai 5,25 juta orang atau naik 25% dari angkutan Lebaran 2022.

"Dengan data ini kami memperkirakan situasi sudah menyamai angkutan lebaran 2019," kata Awaluddin saat Rapat Dengar Pendapat BUMN Logistik dan Infrastruktur dengan Komisi VI DPR RI, seperti dilansir CNBCIndonesia.com, Senin (10/4).

Dia memperkirakan puncak arus mudik terjadi pada H-1 Lebaran untuk angkutan udara dengan 1.861 penerbangan dari penumpang 263 ribu pax.

Perhitungan ini berdasarkan total peningkatan jumlah pemudik pada tahun ini yang mencapai 123 juta orang, juga formulasi hitungan perhitungan pada 20 bandara yang dikelola Angkasa Pura II.

Adapun beberapa maskapai juga sudah mengajukan penerbangan tambahan ke Angkasa Pura II sebanyak 1.016.Di mana 854 berasal dari penerbangan domestik dan 58 untuk penerbangan internasional.

Sementara Direktur Utama Airnav Indonesia Polana Pramesti memprediksi, untuk bandara Soekarno Hatta saja diperkirakan mencapai 1.150 - 1.250 pergerakan pesawat saat arus mudik. Kondisi ini sudah menyamai ketika sebelum pandemi. *

Komentar